EVALUASI BUKU PANDUAN DEBAT “DEBATING” DAN “PANDUAN DEBAT KOMPETITIF” DALAM RANGKA PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DEBAT DALAM BAHASA PRANCIS

Urip, Sri Rejeki and Wijaya , Ayudhia Ratna (2016) EVALUASI BUKU PANDUAN DEBAT “DEBATING” DAN “PANDUAN DEBAT KOMPETITIF” DALAM RANGKA PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DEBAT DALAM BAHASA PRANCIS. In: International Seminar on Language Maintenance and Shift (LAMAS) 6 ISSN:2540-8755 , 9 - 10 August 2016, Gedung Pascasarjana Imam Barjo No. 3 - 5 Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Pembelajaran bahasa asing melalui debat mulai banyak dilakukan. Banyak institusi pendidikan yang mengelola program studi bahasa asing menyiapkan mahasiswanya agar dapat melakukan debat dengan baik. Ada yang menyediakan debat sebagai mata kuliah tersendiri di dalam kurikulum mereka ataupun menjadi salah satu kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa di luar perkuliahan. Saat ini yang paling sering dilakukan adalah lomba debat dalam bahasa Inggris, mulai dari tingkat lokal, di perguruan tinggi itu sendiri, wilayah, nasional, bahkan internasional. Sebagai pengajar bahasa Prancis, sampai saat peneliti belum melihat kegiatan debat dalam bahasa Prancis dilakukan. Melihat pengaruh positif debat pada pembelajar bahasa Inggris menjadi alasan peneliti untuk membuat buku panduan debat dalam bahasa Prancis yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh para pembelajar bahasa Prancis. Secara metodologis, beberapa langkah disiapkan agar dapat dihasilkan buku panduan debat bahasa Prancis yang memadai, salah satunya adalah dengan mengevaluasi terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan buku panduan debat dalam bahasa Inggris yang saat ini banyak digunakan sebagai rujukan oleh pemakainya, antara lain adalah “Panduan Debat Kompetitif” yang ditulis oleh Hendi Pratama et al. (2015) dan Debating yang ditulis oleh Simon Quinn (2005). Untuk dapat menghasilkan analisis yang memadai, peneliti melibatkan seorang mahasiswa yang sering mendapat kejuaran dalam lomba debat dalam bahasa Inggris, dan saat ini sering diminta sebagai juri debat untuk tingkat sekolah menengah maupun perguruan tinggi. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dua buku panduan debat di atas merupakan salah satu tujuan penelitian unggulan perguruan tinggi (PUPT), yang didanai oleh Universitas Negeri Semarang yang hasilnya akan digunakan sebagai salah satu informasi dalam rangka penyusunan draf panduan debat dalam bahasa Prancis. Dari Seminar LAMAS 6 ini diharapkan akan didapatkan beberapa masukan bernilai yang akan menjadikan buku panduan debat yang akan dihasilkan menjadi lebih baik.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:panduan, debat, bahasa Inggris, bahasa Prancis
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:55775
Deposited By:Mr Wahyu Setia Budi
Deposited On:31 Aug 2017 09:58
Last Modified:13 Feb 2018 10:32

Repository Staff Only: item control page