PERILAKU LATAH COPROLALIA PADA LAKI-LAKI BERPERILAKU LATAH DI KABUPATEN JOMBANG JAWA TIMUR (Ancangan Psikolonguistik Terhadap Perilaku Berbahasa yang Menyimpang)

Pamungkas , Sri and Djatmika , Djatmika (2016) PERILAKU LATAH COPROLALIA PADA LAKI-LAKI BERPERILAKU LATAH DI KABUPATEN JOMBANG JAWA TIMUR (Ancangan Psikolonguistik Terhadap Perilaku Berbahasa yang Menyimpang). In: International Seminar on Language Maintenance and Shift (LAMAS) 6 ISSN:2540-8755 , 9 - 10 August 2016, Gedung Pascasarjana Imam Barjo No. 3 - 5 Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Latah dikategorikan sebagai ekpresi bahasa yang menyimpang karena perilaku ini muncul ketika seseorang dikejutkan, jatuhnya sebuah objek, atau dalam sebuah kebisingan. Ekspresi yang ditunjukkan karena stimulus tersebut di atas adalah berupa ekspresi verbal dan nonverbal. Laki-laki latah merupakan fenomena menarik karena pada penelitian sebelumnya latah hanya terjadi pada perempuan, berpendidikan rendah, dan berkelas ekonomi rendah. Namun demikian, saat ini sudah mulai merambah pada laki-laki, tidak hanya yang berpendidikan rendah dan berkelas ekonomi rendah namun juga terjadi pada laki-laki yang berpendidikan tinggi dan berkelas ekonomi tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan teknik analisis Spradley yang meliputi analisis domain, analisis taxonomi, analisis komponen dan analisis tema budaya. Capaian penelitian ini adalah ditemukannya perilaku latah coprolalia (spontan menyebut alat kelamin ketika keasadarnnya menurun). Hal ini menjadi fakta menarik karena laki-laki yang dianggap sebagai tokoh superior juga mengalami hal yang sama dengan perempuan. Hal ini tentu kembali pada pribadi masing-masing, mengingat orientasi latah yang ditemukan di lapangan pun juga mengalami pergeseran dari bentuk ekspresi diri (luapan tekanan batin), menjadi strategi untuk mendapatkan perhatian dari khalayak.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:latah, laki-laki, psikolinguistik
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:55773
Deposited By:Mr Wahyu Setia Budi
Deposited On:31 Aug 2017 09:48
Last Modified:13 Feb 2018 10:24

Repository Staff Only: item control page