TRANSITIVITAS DALAM CERITA RAKYAT PAPUA (Sebuah Kajian Linguistik Sistemik Fungsional pada Teks Cerita Rakyat Suku Mee Papua)

Maharani , Leonita (2016) TRANSITIVITAS DALAM CERITA RAKYAT PAPUA (Sebuah Kajian Linguistik Sistemik Fungsional pada Teks Cerita Rakyat Suku Mee Papua). In: International Seminar on Language Maintenance and Shift (LAMAS) 6 ISSN:2540-8755 , 9 - 10 August 2016, Gedung Pascasarjana Imam Barjo No. 3 - 5 Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Cerita rakyat hadir dalam kehidupan masyarakat yang diciptakan oleh masyarakatterdahulu, dan secara garis besar dibagi ke dalam tiga kelompok yakni (1) Myth ‘Mitos’ atau dianggap suci oleh suatu kelompok masyarakat, (2) Legend ‘legenda’ (biasanya asal muasalsuatu tempat atau daerah), dan (3) Folktale ‘dongeng’ yang bersifat fiksi. Sebagai salah satu suku di Papua, suku Mee memiliki banyak cerita rakyat yang merefleksikan nilai sosial danbudaya dari daerahnya serta mengantarkan nilai-nilai tersebut kepada masyarakat sampaisekarang melalui kegiatan bercerita yang dilakukan oleh para tetua adat atau orang tua padaanak-anaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan representasi nilai sosial danbudaya suku Mee Papua pada dua jenis dongeng yakni fabel dan parabel melalui analisistransitivitas dari Halliday. Dengan pedekatan kualitatif dan metode analisis deskriptif setiap klausa dan kalimat yang ada dalam dua cerita tersebut dianalisis berdasarkan jenis proses, partisipan, dan sirkumstan yang merupakan bagian dari analisis transitivitas. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa jenis proses yang dominan muncul dalam kedua data adalah prosesmaterial yang berarti karakter masyarakat suku Mee Papua dalam dua cerita tersebutdigambarkan sebagai masyarakat yang berfokus pada aksi atau kegiatan materialdibandingnkan mental, verbal, dan jenis proses lainnya. Hal tersebut sesuai dengan landasanhidup yang dimiliki oleh masyakat suku Mee yakni “Keitai/Ekowai” yang menjadi motivasimereka untuk bekerja dengan sungguh-sungguh.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: transitivitas, cerita rakyat, nilai sosial budaya, suku Mee Papua
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:55724
Deposited By:Mr Wahyu Setia Budi
Deposited On:30 Aug 2017 09:21
Last Modified:12 Feb 2018 15:39

Repository Staff Only: item control page