KEBERPIHAKAN MEDIA PADA KASUS RAZIA WARTEG DI SERANG (Studi Kasus pada Artikel Liputan6.com: Menteri Agama Tegur Cara Satpol PP Razia Warteg di Serang)

Inayati , Ika (2016) KEBERPIHAKAN MEDIA PADA KASUS RAZIA WARTEG DI SERANG (Studi Kasus pada Artikel Liputan6.com: Menteri Agama Tegur Cara Satpol PP Razia Warteg di Serang). In: International Seminar on Language Maintenance and Shift (LAMAS) 6 ISSN:2540-8755 , 9 - 10 August 2016, Gedung Pascasarjana Imam Barjo No. 3 - 5 Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Disengaja atau tidak, setiap media memiliki perspektif dan subjektivitas ketika memberitakan sebuah peristiwa. Perspektif dan subjektivitas tersebut dalam beberapa pemberitaan dibungkus secara implisit di dalam teks yang dihasilkan. Beberapa waktu yang lalu, pemberitaan tentang razia warteg di Serang pada bulan Ramadan sempat menyita perhatian masyarakat. Berbagai media memberitakan peristiwa tersebut dengan berbagai pro dan kontra. Penelitian ini bertujuan mengetahui keberpihakan Liputan6.com terhadap tindakan Satpol PP dalam salah satu artikelnya tanggal 13/6/2016 yang berjudul Menteri Agama Tegur Cara Satpol PP Razia Warteg di Serang. Keberpihakan media tersebut akan diteliti dari unsur-unsur kebahasaan pada teks menggunakan ancangan analisis wacana kritis (AWK) Fairclough (1989). Dengan metode deskriptif kualitatif, ditemukan bahwa Liputan6.com berpihak pada kubu yang berlawanan dengan Satpol PP. Hal tersebut terungkap dari eviden-eviden kebahasaan yang ditemukan pada teks.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:analisis wacana kritis, Saeni, media
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:55720
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Aug 2017 08:53
Last Modified:12 Feb 2018 15:08

Repository Staff Only: item control page