PEMERKAYAAN BAHASA MELALUI FILM “ADA APA DENGAN CINTA 2” DAN “AISYAH: BIARKAN KAMI BERSAUDARA” SEBAGAI PRODUK BUDAYA BANGSA INDONESIA

Dr. Hindun, Dr. Hindun (2016) PEMERKAYAAN BAHASA MELALUI FILM “ADA APA DENGAN CINTA 2” DAN “AISYAH: BIARKAN KAMI BERSAUDARA” SEBAGAI PRODUK BUDAYA BANGSA INDONESIA. In: International Seminar on Language Maintenance and Shift (LAMAS) 6 ISSN:2540-8755 , 9 - 10 August 2016, Gedung Pascasarjana Imam Barjo No. 3 - 5 Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Siapa yang tidak kenal Dian Sastro Wardoyo dan Laudya Cintya Bella. Aktris muda yang digandrungi penggemar dari Sabang hingga Merauke. Kepiawaian keduanya dalam berakting memikat para produser film yang ingin menampilkan naskah-naskah garapannya dengan dibintangi oleh aktris tersebut. Riri Reza dan Herwin Novianto menjadi sederetan nama yang cukup dikenal dalam dunia perfilman tanah air. Untuk itulah maka melalui karya-karya mereka yang hadir di bioskop-bioskop negeri ini menjadi suatu karya anak bangsa yang patut diberi apresiasi. Tujuan tulisan ini mencoba mendeskripsikan secara kualitatif melalui sebaran angket yang diisi oleh mahasiswa dari tiga jurusan yang berbeda yakni Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Jurusan Pendidikan Biologi guna menggali kemampuan mereka dalam menemukan kosa kata baru yang bisa dikategorikan masuk ke dalam ragam lisan maupun ragam tulis sehingga memperkaya perbendaharaan kata mereka sebagai generasi yang turut memberi penghargaan kepada produk budaya berupa film. Judul film “Ada Apa dengan Cinta 2” diwarnai dengan dialog yang juga dibumbui dengan sastra sehingga bahasa yang hadir menjadi semakin tajam maknanya. Adapun judul film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara” mengungkap banyak kosa kata asli wilayah Indonesia bagian timur dengan struktur bahasa Atambua yang tidak dapat dipungkiri oleh penonton, dengan ekspresi para pemain asli daerah itu melalui tuturannya membuat gelak tawa yang terurai, sehingga memperkaya kosa kata Bahasa Indonesia.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:55679
Deposited By:Mr Wahyu Setia Budi
Deposited On:29 Aug 2017 11:12
Last Modified:29 Aug 2017 11:12

Repository Staff Only: item control page