PENGEMBANGAN SD DAN ASRAMA ISLAM BUDI MULID DI KABUPATEN TEGAL

Masruri, Masruri (2010) PENGEMBANGAN SD DAN ASRAMA ISLAM BUDI MULID DI KABUPATEN TEGAL. Undergraduate thesis, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
75Kb

Abstract

1.1. Latar Belakang Perkembangan pendidikan di Indonesia begitu pesat baik pendidikan yang dikelola oleh pemerintah maupun yang dikelola oleh pihak swasta. Sekolah yang dikelola pihak swasta antara yang satu dengan yang lain saling berlomba menciptakan dan menkondisikan sekolah yang berada di bawahnya menjadi sekolah yang unggul dan brrmutu serta dapat mempersiapkan anak didiknya untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ke sekolahan yang bermutu.. Sekolah yang berada di bawah naungan pihak swasta di Indonesia menawarkan fasilitas yang berbeda-beda dengan tujuan untuk menjadikan siswanya yan bermutu salah satunya dengan menyediakan asrama di dalamnya. Keberadaan asrama pada suatu area atau kawasan pendidikan dengan tujuan agar kegiatan siswa di luar jam pelajaran dapat terkontrol, serta dapat dijadikan suatu pembelajaran kemasyarakan. Sekolah Dasar Islam Budi Mulia Adiwerna merupakan sebuah institusi pendidikan formal yang menerapkan serangkaian konsep dan kebijaksanaan pendidikan islam di dalamnya, untuk menjadikan SD Islam Budi Mulia menjadi suatu lembaga pendidikan yang berkualitas maka SD Islam Budi haruslah berbenah diri baik dari fisik maupun segi pengelolaan baik pengelolaan kurikulum maupun pengelolaan administrasi. Pembenahan fisik SD Islam Budi Mulia diadakan dengan memanfaatkan sarana dan prasana yang telah tersedia misalnya keberadaan Panti yang ada di sekitarnya. Panti akan dikembangkan menjadi sebuah asrama bagi siswa SD Islam Budi Mulia tentunya dengan penambahan fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung kenyamanan para siswa yang akan tinggal di dalamnya serta dapat menjadi nilai tambah bagi SD Islam Budi Mulia. 1.2. TUJUAN DAN SASARAN 1. Tujuan Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menyusun Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (LP3A) Redesain dan Pengembangan Sekolah Dasar Islam Budi mulia di Kabupaten Tegal Dengan Fasilitas Asrama. 2. Sasaran Untuk mengetahui dan menganalisa aspek-aspek yang terkait dalam perencanaan dan perancangan arsitektur pada suatu fasilitas pendidikan dasar. 1.3. MANFAAT 1. Secara Subyektif Untuk memenuhi salah satu persyaratan mengikuti tugas akhir periode 30 di Jurusan Teknik arsitektur FT UNDIP. Sebagai pegangan dan acuan selanjutnya dalam perancangan grafis tugas akhir. 2. Secara Obyektif Dapat bermanfaat sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan didalam perencanaan dan perancangan suatu fasilitas pendidikan yang berupa Sekolah Dasar Islam Budi Mulia di Kabupaten Tegal. 1.4. RUANG LINGKUP 1. Ruang Lingkup Subtansial Ruang lingkup pembahasan secara subtansial dititik beratkan pada lingkup arsitektur terutama penataan fasilitas-fasilitas dalam suatu kawasan Sekolah Dasar Islam Adiwerna di Kabupaten Tegal . Adapun fasilitas-fasilitas tersebut seperti laboratorium bahasa, laboratorium IPA dan IPS, Laboratorium Matematika, Laboratorium Pendalaman Agama, fasilitas pengembangan diri seperti ruang kesenian, perpustakaan, masjid, asrama siswa, Hal-hal di luar ilmu arsitektur akan dibahas seperlunya sepanjang hal tersebut masih dianggap relevan. 2. Ruang Lingkup Spasial Sekolah Dasar Islam Budi Mulia berada di desa Tembok Bajaran Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal menempati lahan dengan luas ± 12.560 m2 atau 1,25 ha 1.5. METODA PENULISAN Metoda penulisan landasan program perencanaan dan perancangan arsitektur menggunakan metoda diskriptif dan dokumentatif. Metoda diskriptif yaitu pengumpulan dan penyusunan data kemudian dianalisa melalui pendekatan-pendekatan perencanaan dan perancangan arsitektur. Dalam metoda ini pengumpulan data dilakukan dengan cara : 1. Studi pustaka Sumber literatur maupun referensi sebagai acuan/pedoman utama dalam perencanaan dan perancangan arsitektur yang berkaitan dengan pengertian-pengertian (karakteristik istilah dan pelaku), baku mutu/standard khusus (penentuan kebutuhan), dan persyaratan khusus (konsep bentuk, struktur dan sebagainya) 2. Pengamatan/survey Pengamatan/studi banding terhadap obyek sejenis sebagai studi komparasi, melakukan pengamatan terhadap alternatif tapak/lokasi untuk menentukan lokasi terpilih. 3. Wawancara Dilalukan untuk memperoleh gambaran umum/khusus mengenai obyek studi. 4. Dokumentasi Data-data yang terangkum berupa sketsa, gambar dan foto. 1.6. SISTEMATIKA PEMBAHASAN Sistematika pembahasan dalam penyusunan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur ini adalah sebagai berikut: BAB I PENDAHULUAN Pada bagian bab ini menguraikan tentang latar belakang, tujuan dan sasaran, manfaat, metoda penulisan, ruang lingkup, sistematika pembahasan serta alur pikir. BAB II TINJAUAN PUSTAKA Pada bagian bab ini berisi tentang tinjauan-tinjauan teori mengenai pengertian-pengertian yang berkaitan dengan istilah pendidikan, Sekolah Dasar. BAB III TINJAUAN TAPAK SEKOLAH DASAR ISLAM BUDI MULIA DI KABUPATEN TEGAL Pada bagian bab ini menguraikan kondisi fisik maupun non fisik SD Islam Budi Mulia di Kabupaten Tegal. BAB IV KESIMPULAN, BATASAN DAN ANGGAPAN Pada bagian ini berisi tentang kesimpulan dari kepustakaan serta batasan dan anggapan yang harus diperhatikan dalam pendekatan-pendekatan perencanaan dan perancangan arsitektur BAB V PENDEKATAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SEKOLAH DASAR ISLAM BUDI MULIA DI KABUPATEN TEGAL Pada bagian ini merupakan analisis program perencanaan dan perancangan arsitektur melalui pendekatan/aspek fungsional, kontekstual, kinerja, teknis. BAB VI LANDASAN KONSEPTUAL PROGRAM DASAR PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SEKOLAH DASAR ISLAM BUDI MULIA DI KABUPATEN TEGAL Pada bagian ini merupakan rumusan dari analisis yang dilakukan berupa program ruang, utilitas, MEE dan penggunaan penekanan desain serta tapak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:5565
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Jan 2010 11:51
Last Modified:26 Jan 2010 11:51

Repository Staff Only: item control page