RAHMAWATI, ETY (2003) GAMBARAN HASIL UJI REGRESI MENURUT TINGKAT PEMENUHAN ASUMSI DALAM MENELITI PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA POLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2002/2003. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF - Published Version 16Kb |
Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa berdasarkan hasil penelitian Suhardi (2002),proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen tetap di Politeknik Kesehatan Surakarta pelaksanaannya 36,7% masuk kategori baik .Data skunder mengenai prestasi yang dicapai mahasiswa reguler Poltekkes Surakarta tahun 2002 nilai tertinggi 3,50 dan terendah 1,80.Hal ini menunjukkan masih ada IP dibawah 2,00 yang merupakan IP terendah yang diperbolehkan untuk mahasiswa DIII kesehatan.Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh proses pembelajaran terhadap prestasi belajar maka dilakukan penelitian dengan menggunakan alat statistik yaitu statistik regresi linier ganda.Analisis regresi dapat memadai untuk kepentingan pengujian hipotesis tergantung pada seberapa jauh seperangkat asumsi yang mendasari analisis itu memenuhi syarat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil uji regresi menurut tingkat pemenuhan asumsi dalam meneliti pengaruh proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa Politeknik Kesehatan Surakarta tahun ajaran 2002/2003. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan secondari data analysis dengan pendekatan Cross Sectional study ,dengan jumlah sampel sebesar 79 orang dosen tetap.Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling .Pengaruh proses pembelajaran dengan prestasi belajar mahasiswa diolah dan dianalisis secara deskriptif dan analitik dengan menggunakan uji statistik regresi linier ganda dan T-test.Hubungan bermakna bila p value < 0,05 dan ada pengaruh bila p value < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata proses pembelajaran responden masuk kategori Baik (38,0%) dan rata-rata prestasi belajar mahasiswa (nilai) adalah masuk kategori C (77,2%) minimal D (3,8%) dan maksimal B (19,0%).Proses pembelajaran menunjukkan hubungan yang kuat dan bermakna secara stasistik dengan p value 0,000 dan ada pengaruh yang signifikan pada alfa=0,05 dengan besar pengaruh 78,1%.Ada perbedaan hasil uji regresi linier ganda menurut tingkat pemenuhan asumsi dengan thitung < ttabel dan p value < 0,05.Tiga asumsi terpenuhi didapatkan nilai residu -1,83,dua asumsi terpenuhi 7,44 dan satu asumsi terpenuhi -19,75. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah hasil uji regresi ganda dengan tiga asumsi terpenuhi yaitu homogenitas,normalitas dan linieritas lebih baik atau lebih tepat dibanding dua asumsi (homogenitas dan linieritas)dan satu asumsi(linieritas)terpenuhi. Kata Kunci: Uji regresi,proses pembelajaran,prestasi belajar DESCRIPTION RESULT OF REGRESSION TEST ACCORDING THE ASUMPTION COMPLETING LEVEL IN RESEARCH OF TEACHING PROCESS AFFECT TO STUDY ACHIEVEMENT OF HEALTH POLYTECHNIC SURAKARTA,s STUDENT 2002-2003 Background of this research is base to result of research Suhardi(2002),study process done by permanent lecture in Health Polytechnic Surakarta,which the realization is 36,7% entering the good category.Secondary data in 2002,the highest value is 3.50 and the lowest is 1.80.This show there are still IP under 2,00 which represent the lowest IP which permitted for DIII Health student.For the knowing the influences of study process and study achievements,have been the research with statistic tools that is double linear regression statistic. Regression Analyze can adequate for hypotheses experiment interest depend on how far a set assumption constituting that analysis is up to standard. This research target is to know the description of result of regression test according to assumption fulfilled level in researching the affect of studying process and study achievement Health Polytechnic Surakarta,s student 2002/2003. The research type represent Secondary of data Analysis with Cross Sectional Study approach,with sample amount is 79 peoples of permanent lectures.Technique of intake sample in simple random sampling.The affect of study process with study achievement student processed and analyzed descriptively and analytic by using the double linier regression statistical test and T-test.The relation have a meaning if p value < 0,05 and there is the influence if p value < 0,05. Result of research indicate that mean process incoming responder study categorize Good(38,0%)and the mean of study achievement student(the value)is entering C category(77,2%)minimizing D(3,8%)and maximal B(19,0%).Process study show strong relation and have a meaning of statistically with p value 0,000 and there is the significant influence alfa=0,05 with the rate of influence is 78,1%.There is difference of result of double linear regression test according to level of assumption accomplishment with thitung < ttable and p value<0,05.Three assumption fulfilled to be got by residue value -1,83,two assumption fulfilled by 7,44 and one assumption fulfilled -19,75. Conclusion got from this research is result of double linear regression test with three assumption fulfilled,that is homogeneity,normality and linearity are better or correctly compared by two assumption (homogeneity and linearity) and one assumption(linearity)are fulfilled. Keyword: Regression test,studying process,study achievement
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
ID Code: | 5564 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 26 Jan 2010 11:44 |
Last Modified: | 26 Jan 2010 11:44 |
Repository Staff Only: item control page