STRATEGI PENOLAKAN AJAKAN BAHASA JEPANG (STUDI KASUS MAHASISWA SASTRA JEPANG UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO DAN PENUTUR ASLI JEPANG)

Aryanto, Bayu and Ramadhanti , Febriliana (2016) STRATEGI PENOLAKAN AJAKAN BAHASA JEPANG (STUDI KASUS MAHASISWA SASTRA JEPANG UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO DAN PENUTUR ASLI JEPANG). In: International Seminar on Language Maintenance and Shift (LAMAS) 6 ISSN:2540-8755 , 9 - 10 August 2016, Gedung Pascasarjana Imam Barjo No. 3 - 5 Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Pembelajaran bahasa Jepang di Program Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro yang menarik untuk dikaji salah satunya adalah bagaimana pengaplikasian bahasa Jepang para mahasiswanya dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jepang, terutama dengan penutur asli Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk mencari informasi strategi komunikasi apa yang digunakan mahasiswa Sastra Jepang Udinuspada saat menolak ajakan dari mitra tuturnya (penutur asli Jepang). Dari hasil penelitian ini,diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun sistem pembelajaranbahasa Jepang di Udinus. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah para mahasiswaProgram Studi Sastra Jepang yang tuturannya akan dijadikan sumber data, dan dua orangJepang. Data tuturan diperoleh dengan cara membuat roleplay antara mahasiswa dan penuturasli. Masing-masing mahasiswa diminta untuk melakukan dua roleplay dengan tema berbeda,dengan penutur asli yang berbeda pula. Dua tema yang berbeda tersebut bertujuan untukmengetahui apakah ada perbedaan strategi antara tema pertama, yaitu penolakan ajakan daridosen, dan tema kedua yaitu, penolakan ajakan dari teman. Hasil yang diperoleh adalahstrategi penolakan dengan penjelasan alasan penolakan sangat dominan, baik pada temapertama maupun tema roleplay yang kedua.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:Ajakan, penolakan, tuturan langsung, tuturan tidak langsung, roleplay
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:55638
Deposited By:Mr Wahyu Setia Budi
Deposited On:28 Aug 2017 14:31
Last Modified:12 Feb 2018 14:06

Repository Staff Only: item control page