Pengaruh Penambahan Baking Soda dalam Pakan Terhadap Kandungan Serum Glutamat Piruvat Transaminase dan Serum Glutamat Oksaloasetat Transaminase Sapi Perah Laktasi

PRABOWO, Muchamad Dananjaya and SAMBODHO, Priyo and HARJANTI, Wahyu Dian (2017) Pengaruh Penambahan Baking Soda dalam Pakan Terhadap Kandungan Serum Glutamat Piruvat Transaminase dan Serum Glutamat Oksaloasetat Transaminase Sapi Perah Laktasi. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
550Kb
[img]
Preview
PDF
95Kb
[img]
Preview
PDF
95Kb
[img]
Preview
PDF
232Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

219Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

377Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

903Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemberian baking soda ke dalam pakan terhadap nilai Serum Glutamat Piruvat Transaminase (SGPT) dan Serum Glutamat Oksaloasetat Transaminase (SGOT) hati sapi perah. Penelitian dilaksanakan pada bulan September – November 2016 di KTT Susu Makmur Dusun Banyudono Desa Gedong Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Analisis SGPT dan SGOT dilaksanakan di Laboratorium Rumah Sakit Hewan Prof Soeparwi UGM, Yogyakarta. Dua belas ekor sapi perah Friesian Holstein laktasi pada periode I bulan laktasi 5 - 6 digunakan untuk penelitian ini. Pakan yang digunakan terdiri atas rumput gajah, konsentrat mash dan pellet serta baking soda (NaHCO3). Alat yang digunakan adalah spuit 10 ml, alkohol 75%, vacutainer Ethylenediaminetetraacetic acid (EDTA), coolbox, sentrifuge, Caretium NB-201 Semi-Auto Chemistry Analyzer, mikropipet dan tabung eppendoff. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan (T0, T1, T2) dan masing-masing perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak 4 kali. Perlakuan yang diberikan selama penelitian adalah T0: tanpa adanya penambahan baking soda ke dalam pakan, T1: penambahan 0,8% baking soda ke dalam pakan, T2: penambahan 1,0% baking soda ke dalam pakan. Baking soda yang di berikan dicampurkan kedalam konsentrat yang diberikan ke pada ternak perlakuan. Parameter yang diukur yaitu konsentrasi SGPT dan SGOT dalam darah. Hasil penelitian diperoleh kadar SGPT pada perlakuan T0, T1, dan T2 berurutan yaitu 20,1 – 45,1 IU/l; 9,7 – 26,9 IU/l; dan 9,7 – 24,4 IU/l. Nilai SGOT pada perlakuan T0, T1, T2 berurutan yaitu 37,5 – 65,1 IU/l; 57,1 - 78,6 UI/l; dan 40,5 – 67,4 UI/l. Penambahan baking soda ke dalam pakan tidak berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar SGPT dan SGOT di dalam darah sapi perah. Hal ini menunjukan bahwa penambahan baking soda tidak meningkatkan kinerja dari organ hati. Simpulan dari penelitian ini yaitu penambahan baking soda ke dalam pakan dengan konsentrasi 0,8% dan 1,0% aman untuk fungsi organ hati yang ditandai dengan tidak terjadinya peningkatan kandungan SGPT dan SGOT di dalam darah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:55583
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Aug 2017 11:31
Last Modified:25 Aug 2017 11:31

Repository Staff Only: item control page