ANALISIS DIMENSI SOSIAL, BUDAYA, DAN EKONOMI DALAM FENOMENA ALIH KODE DI RUSUNAWA

Manurung, Rosida Tiurma (2015) ANALISIS DIMENSI SOSIAL, BUDAYA, DAN EKONOMI DALAM FENOMENA ALIH KODE DI RUSUNAWA. In: International Seminar “Language Maintenance and Shift” V ISSN; 2088-6799, 2-3 September 2015, Hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
3866Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Sejalan dengan semakin sempitnya lahan di perkotaan, bangunan vertikal menjadi pilihan untuk hunian,salah satunya ialah rusunawa baik rusunami dan rusunawa yang dihuni oleh kalangan menengah ke bawah.Dalam konteks pragmatik, muncul fenomena alih kode dan campur kode sebagai dimensi sosial, budaya,dan ekonomi yang menjadi implikasi dari masyarakat multikultur dan multilingual. Keberagaman bahasa dapat menimbulkan masalah yang berimplikasi pada terjadinya konflik di antara penghuni. Penghuniapartemen yang berasal dari keberagaman sosial budaya dan perilaku telah membuat gaya bertutur merekamenunjukkan ciri-ciri yang khas. Dalam penelitian ini ditemukan adanya alih kode antara bahasa Indonesiadan bahasa Inggris. Fenomena alih kode muncul karena adanya pengaruh kemajuan ipteks dan arusglobalisasi. Alih kode memang merupakan model gaya bertutur kalangan penghuni apartemen yang kianhari semakin tumbuh subur.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:tindak tutur, masyarakat multikultur, dimensi sosial, budaya, dan ekonomi, penghuni rusunawa, fenomena alih kode
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:55568
Deposited By:Mr Wahyu Setia Budi
Deposited On:25 Aug 2017 09:42
Last Modified:14 Feb 2018 15:23

Repository Staff Only: item control page