KAJIAN KARAKTERISTIK PREFERENSI PENGGUNAAN MODA TRANSPORTASI PRIBADI DAN PUBLIK STUDI KASUS : PERJALANAN HARIAN KE UNDIP TEMBALANG

RANGKUTI, Mulya Syoufrizha and SUGIRI, Agung (2014) KAJIAN KARAKTERISTIK PREFERENSI PENGGUNAAN MODA TRANSPORTASI PRIBADI DAN PUBLIK STUDI KASUS : PERJALANAN HARIAN KE UNDIP TEMBALANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
174Kb

Abstract

Dalam melakukan pergerakan harian manusia dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan moda transportasi.Dalam konteks ini, kepemilikan dan penggunaan kendaraan pribadi dan umum dapat dikatakan sebagai salah satu alternatif bagi masyarakat dalam memenuhi tuntutan pergerakan. namun disisi lain fenomena ini telah menjadi salah satu masalah terhadap timbulnya kepadatan lalu lintas dan penurunan kualitas lingkungan di perkotaan. Seiring dengan hal tersebut, penelitian tentang perilaku preferensi penggunaan kendaraan transportasi mahasiswa, dosen,dan pegawai tata usaha, bertujuan mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi penggunaan moda dalam perjalanan harian ke UNDIP Tembalang, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh. Instrumennya meliputi form kuesioner serta menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini terdapat 4 sasaran yaitu mengidentifikasi karakteristik pengguna jalan, mengidentifikasi karakteristik civitas dalam pemilihan moda transportasi, Mengidentifikasi karakteristik fasilitas moda, Menganalisa faktor yang paling mempengaruhi dalam penggunaan moda transportasi civitas kampus dengan analisis crosstab dalam penggunaan moda transportasi pribadi dan umum untuk perjalanan harian ke UNDIP Tembalang . Hasil penelitian menunjukan Dalam studi kasus penelitian tentang landasan civitas kampus UNDIP dalam memilih moda transportasi baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan mengambil studi kasus kasus preferensi penggunaan moda dalam perjalanan harian ke UNDIP Tembalang terdapat beberapa kesimpulan yaitu diketahui bahwa dari 99 responden 74 orang menggunakan kendaraan pribadi, 25 orang menggunakan kendaraan umum,dan faktor yang paling mempengaruhi dalam pemilihan moda adalah variabel karakteristik pelaku pergerakan civitas kampus dengan variabelnya kepemilikan moda Hal inilah yang menyebabkan preferensi pemilihan moda transportasi oleh civitas kampus dalam melakukan perjalanan hariannya ke UNDIP Tembalang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:55509
Deposited By:Jurnal Planologi
Deposited On:23 Aug 2017 10:27
Last Modified:23 Aug 2017 10:27

Repository Staff Only: item control page