Perencanaan Desa Wisata Dengan Pendekatan Konsep Community Based Tourism (Studi Kasus: Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak)

SYAFI'I, Muhammad and SUWANDONO, Djoko (2015) Perencanaan Desa Wisata Dengan Pendekatan Konsep Community Based Tourism (Studi Kasus: Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
150Kb

Abstract

Pesisir merupakan daerah pertemuan antara darat dan laut. Seperti daratan yang masih dipengaruhi sifat-sifat laut seperti pasang surut, angin laut, dan perembesan air asin ataupun laut yang masih dipengaruhi oleh proses-proses alami yang terjadi di darat seperti sedimentasi dan aliran air tawar. Kondisi lingkungan pesisir yang mulai terdegradasi akibat rob dan abrasi yang dapat berdampak buruk terhadap perkembangan ekonomi, sosial dan juga lingkungan sehingga diperlukan suatu penanganan khusus agar wilayah pesisir dapat berkembang secara berkelanjutan (sustainable development).Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak memiliki potensi wisata berupa pantai, ekosistem mangrove dan Makam Syeikh Abdullah Mudzakir yang terapung meski air disekitarnya naik akibat rob serta potensi budaya seperti kehidupan masyarakat dengan dengan adanya komunitas mangrove bahari dan komunitas nelayan morosari yang sangat potensial dalam pengembangan berbasis masyarakat . Community Based Tourism merupakan konsep pengembangan desa wisata dengan melibatkan dan menempatkan masyarakat lokal yang memiliki kewenangan untuk mengelola dan mengembangkan daerahnya sendiri untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal dan keberlanjutan kebudayaan lokal dan sumber daya alam.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:55507
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Aug 2017 09:39
Last Modified:23 Aug 2017 09:39

Repository Staff Only: item control page