KARAKTERISTIK PENINGKATAN PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH (Studi Kasus Bank Sampah Sari Asri di Kelurahan Tandang)

SETYANINGRUM, Ike and RAHDRIAWAN, Mardwi (2015) KARAKTERISTIK PENINGKATAN PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH (Studi Kasus Bank Sampah Sari Asri di Kelurahan Tandang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

Sampah menjadi pesoalan kompleks di kota-kota besar di Indonesia, oleh karena itu diperlukan adanya penyelesaian yang komprehensif dan terintegrasi serta didukung oleh semua lapisan masyarakat. Salah satu kota besar yang mengalami permasalahan mengenai pengelolaan sampah adalah Kota Semarang. Pengelolaan sampah yang optimal membutuhkan alternatif-alternatif. Salah satu alternatif yang diresmikan oleh Pemerintah Kota Semarang dalam menangani masalah pengelolaan sampah yaitu pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui program Bank Sampah. Bank Sampah Sari Asri adalah kelompok sosial di Kota Semarang yang didirikan oleh yayansan ChildFund dan KOMPASS dengan tujuan untuk keberlanjutan ligkungan yang berfokuspada penanganan masalah pengelolaan limbah khususnya limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga. Bank Sampah Sari Asri merupakan salah satu terobosan untuk mengurangi dampak yang merugikan dalam pengelolaan sampah yang kurang optimal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:55449
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:16 Aug 2017 10:51
Last Modified:16 Aug 2017 10:51

Repository Staff Only: item control page