HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL PASANGAN DENGAN KETERIKATAN KERJA PADA APARAT PEMERINTAH DESA DI KECAMATAN X,Y,Z KABUPATEN BATANG

Septiani, Nuralina and Nurtjahjanti, Harlina (2017) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL PASANGAN DENGAN KETERIKATAN KERJA PADA APARAT PEMERINTAH DESA DI KECAMATAN X,Y,Z KABUPATEN BATANG. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
245Kb

Abstract

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL PASANGAN DENGAN KETERIKATAN KERJA PADA APARAT PEMERINTAH DESA DI KECAMATAN X,Y,Z KABUPATEN BATANG Nuralina Septiani 15010113120052 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro ABSTRAK Keterikatan kerjamerupakan sikap positif yang dimiliki individu terhadap pekerjaannya ditunjukkan dengan mencurahkan semangat yang tinggi, dedikasi penuh dan fokus, serta senang terhadap pekerjaan yang memungkinkan individu tersebut sulit terlepas dari pekerjaannya. Dukungan sosial pasangan adalah persepsi individu terhadap bantuan yang diberikan dari pasangan (suami atau istri) yang membuatnya merasa diperhatikan, dihargai, serta dicintai, sehingga merasakan kenyamanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial pasangan dengan keterikatan kerja pada aparat pemerintah desa di Kecamatan X,Y,Z Kabupaten Batang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 237 aparat pemerintah desa di Kecamatan X,Y,Z Kabupaten Batang yang sudah menikah. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan convenience samplingdengan jumlah 101 subjek. Instrumen penelitian terdiri dari dua skala yaitu Skala Keterikatan Kerja (36 aitem α ; = 0,926) dan Skala Dukungan Sosial Pasangan (31 aitem α ; = 0,920). Analisis data dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara dukungan sosial pasangan dengan keterikatan kerja pada aparat pemerintah desa di Kecamatan X,Y,Z Kabupaten Batang (rxy= 0,665), dukungan sosial pasangan memberikan sumbangan efektif sebesar 44,2 %. Kata Kunci : keterikatan kerja, dukungan sosial pasangan, aparat pemerintah desa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:55409
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Aug 2017 09:36
Last Modified:15 Aug 2017 09:36

Repository Staff Only: item control page