PENINGKATAN LITERASI SEKOLAH: APA IMPLIKASINYA BAGI PARA PENDIDIK? 1

Helena I. R. , Agustien (2015) PENINGKATAN LITERASI SEKOLAH: APA IMPLIKASINYA BAGI PARA PENDIDIK? 1. In: International Seminar “Language Maintenance and Shift” V ISSN; 2088-6799, 2-3 September 2015, Hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
3866Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Dewasa ini Indonesia kembali dihadapkan pada kenyataan akan rendahnya tingkat literasi siswa Indonesia yang ditunjukkan oleh rendahnya peringkat literasi kita dibandingkan negara-negara lain. Rendahnya posisi Indonesia ini ditunjukkan oleh hasil penelitian organisasi PISA (Programme for International Student Assessment) di mana Indonesia menduduki peringkat 64 untuk bidang matematika, peringkat 64 untuk bidang sains and peringkat 60 di bidang membaca di antara 65 negara yang diteliti pada tahun 2012 (Wikipedia 2013). Hasil PISA ini tampaknya telah memicu banyak gagasan di kalangan pembuat kebijakan dalam tiga bidang tersebut. Salah satu usaha yang dicoba dilakukan Kementrian Pendidikan lewat Badan Bahasa adalah mengembangkan literasi sekolah yang tujuan utamanya adalah memotivasi siswa Indonesia untuk semakin terlibat dalam kegiatan membaca dan menulis. Ini menarik untuk dicermati dan tulisan ini akan secara khusus membahas bidang membaca dan menulis yang menjadi salah satu syarat kemampuan berliterasi secara utuh. Ini diperlukan karena kemampuan berliterasi tidak hanya penting untuk berkomunikasi tetapi juga penting untuk meningkatkan kemampuan belajar dalam segala bidang.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:55393
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Aug 2017 14:36
Last Modified:14 Aug 2017 14:36

Repository Staff Only: item control page