Pengaruh Pemberian Pakan Sumber Protein Berbeda terhadap Bobot Akhir, Potongan Karkas dan Massa Protein Daging Ayam Lokal Persilangan

PRATIWI, Heni and ATMOMARSONO, Umiyati and SUNARTI, Dwi (2017) Pengaruh Pemberian Pakan Sumber Protein Berbeda terhadap Bobot Akhir, Potongan Karkas dan Massa Protein Daging Ayam Lokal Persilangan. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
623Kb
[img]
Preview
PDF
81Kb
[img]
Preview
PDF
165Kb
[img]
Preview
PDF
172Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

105Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

517Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1269Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan sumber protein berbeda terhadap bobot akhir, potongan karkas dan massa protein daging ayam lokal persilangan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016 – Januari 2017 di kandang Penelitian Laboratorium Produksi Ternak Unggas Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan adalah 126 ekor ayam lokal persilangan (unsexed) umur 2 minggu dengan bobot badan 129 ± 6,34 g. Bahan pakan yang digunakan yaitu jagung, bekatul, bungkil kedelai, tepung ikan, MBM (meat bone meal), PMM (poultry meat meal) dan feed supplement berupa CaCO3. Bahan pakan yang digunakan dalam bentuk mash dan diberikan dengan metode bebas memilih (satu bahan pakan diletakkan pada 1 tempat pakan). Perlakuan yang diberikan yaitu T1 = 2 sumber protein (tepung ikan dan bungkil kedelai), T2 = 3 sumber protein (tepung ikan, bungkil kedelai, dan MBM) dan T3 = 4 sumber protein (tepung ikan, bungkil kedelai, MBM dan PMM). Parameter yang diamati adalah bobot akhir, bobot potongan karkas dan massa protein daging. Rancangan percobaan yang digunakan adalah RAL (Rancangan acak lengkap) dengan 3 perlakuan dan 7 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis ragam dengan menggunakan uji F taraf 5% dan apabila terdapat pengaruh perlakuan akan dilanjutkan dengan uji jarak berganda duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan dengan sumber protein berbeda berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap bobot akhir, potongan karkas dan massa protein daging ayam lokal persilangan. Simpulan dari penelitian ini adalah pemberian pakan dengan bahan pakan sumber energi berupa jagung dan bekatul serta bahan pakan sumber protein berupa bungkil kedelai, tepung ikan, meat bone meal (MBM) dan poultry meat meal (PMM) dapat meningkatkan bobot akhir, bobot potongan karkas, massa protein daging ayam lokal persilangan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:55358
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Aug 2017 10:15
Last Modified:14 Aug 2017 10:15

Repository Staff Only: item control page