saroh, saroh (2017) Gambaran Kepuasaan Mahasiswa Sarjana Keperawatan Terhadap Pembelajaran Klinik Tahap Akademik. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 1811Kb | |
PDF Restricted to Registered users only 3472Kb |
Abstract
ABSTRAK Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan hasil yang dirasakan dengan harapannya. Kepuasan yang diperoleh mahasiswa selama pembelajaran klinik merupakan evaluasi pembelajaran sejauh mana tingkat keberhasilan proses pembelajaran. Kepuasan pembelajaran klinik meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan mahasiswa sarjana keperawatan terhadap pembelajaran klinik tahap akademik. Penelitian ini adalah sebuah studi deskriptif dengan pendekatan survei. Total sampel dari penelitian ini adalah 263 responden dari 3 (tiga) institusi pendidikan keperawatan dengan akreditasi yang berbeda. Data diambil menggunakan kuesioner CLES+T dan dianalisa dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa responden tidak puas dengan pembelajaran klinik tahap akademik sedikit lebih banyak yaitu 51 % dibandingkan responden yang puas dengan pembelajaran klinik tahap akademik yaitu 49%. Lingkungan pembelajaran merupakan aspek dengan nilai kepuasaan terendah (35.7%) dan nilai tertinggi adalah aspek peran dosen perawat. Rekomendasi dari penelitian ini adalah staf meningkatkan ketertarikan supervisi melalui menerima mahasiswa saat di bangsal. Kata Kunci: kepuasan, mahasiswa keperawatan, pembelajaran klinik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing Faculty of Medicine > Department of Nursing |
ID Code: | 55337 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 15 Aug 2017 09:43 |
Last Modified: | 15 Aug 2017 09:43 |
Repository Staff Only: item control page