PENGARUH KEBERADAAN INDUSTRI KECIL BATIK KHAS GUMELEM KABUPATEN BANJARNEGARA TERHADAP GUNA LAHAN DAN SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT LOKAL

MUZDALIFAH, Aji Uhfatun and ALIE, Mohammad Mukti (2015) PENGARUH KEBERADAAN INDUSTRI KECIL BATIK KHAS GUMELEM KABUPATEN BANJARNEGARA TERHADAP GUNA LAHAN DAN SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT LOKAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
66Kb

Abstract

Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah dengan beragam potensi daerah yang dapat mengembangkan perekonomian lokal melalui keberadaan industri kecil. Penelitian ini fokus terhadap industri kecil batik khas Gumelem yang merupakan salah satu potensi lokal yang sedang berkembang di Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara. Secara spasial, lokasi industri kecil ini sangat strategis karena terletak di sepanjang koridor jalan provinsi kolektor primer yang menghubungkan Kabupaten Banjarnegara dengan Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Purbalingga. Dimana dapat dikatakan sudah menjadi nilai tambah dalam upaya pengembangan ekonomi lokal. Namun, pada kenyataannya hal tersebut kurang mendukung keberadaan industri kecil batik khas Gumelem, sehingga potensi yang ada justru menimbulkan permasalahan karena kurang memanfaatkan kondisi fisik keruangan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:55261
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Aug 2017 11:02
Last Modified:10 Aug 2017 11:02

Repository Staff Only: item control page