Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua dan Kompetensi Interpersonal Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Semarang

Haryono, Khairina Widya P and Sawitri, Dian Ratna (2017) Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua dan Kompetensi Interpersonal Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
250Kb

Abstract

Perkembangan internet dan teknologi berkembang pesat di era digital ini. Siswa kelas X yang merupakan remaja madya mulai mengikuti dan menggunakannya sebagai tren masa kini yang secara tidak langsung mempengaruhi kompetensi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan kompetensi interpersonal pada siswa kelas X SMA N 2 Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Semarang. Sampel penelitian berjumlah 243 orang, dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan Skala Dukungan Sosial Orangtua (55 aitem valid; α = .96) dan Skala Kompetensi Interpersonal (25 aitem valid; α = .89) yang telah diujicobakan pada 61 siswa kelas X SMA N 2 Semarang. Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dan kompetensi interpersonal, dengan koefisien korelasi rxy = .46 (p < .001). Artinya, semakin tinggi dukungan sosial orangtua, maka semakin tinggi kompetensi interpersonal, dan sebaliknya. Dukungan sosial orangtua memberikan sumbangan efektif sebesar 21.4% terhadap kompetensi interpersonal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi siswa, orangtua, dan sekolah maupun referensi pendukung bagi peneliti selanjutnya. Kata kunci: dukungan sosial orangtua; kompetensi interpersonal; siswa kelas X; remaja madya

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:55253
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Aug 2017 15:30
Last Modified:14 Aug 2017 15:30

Repository Staff Only: item control page