HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI UKM PEDULI SOSIAL UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

amalia, Rachma and desiningrum, dinie ratri (2017) HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI UKM PEDULI SOSIAL UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
205Kb

Abstract

Mahasiswa memiliki peran yang penting untuk dapat mengimplementasikan ilmunya untuk kesejahteraan masyarakat sehingga dibutuhkan kepribadian yang tangguh dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam menjalani peran tersebut. Salah satu yang berpengaruh terhadap kemampuan dalam mensejahterakan orang lain adalah karakteristik kepribadian seperti hardiness. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara hardiness dengan perilaku prososial pada mahasiswa yang mengikuti UKM Peduli Sosial Universitas Diponegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti UKM Peduli Sosial Universitas Diponegoro dengan karakteristik menjadi anggota organisasi aktif di periode 2016/2017. Subjek penelitian adalah 82 anggota UKM Peduli Sosial Universitas Diponegoro Semarang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu perilaku prososial (43 aitem, α = 0.945) dan skala hardiness (41 aitem α = 0.937). Analisis data menggunakan regresi sederhana yang menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara hardiness dengan perilaku prososial (r=0.815 ; p<0.000). Artinya semakin kuat hardiness yang dimiliki mahasiswa, maka semakin tinggi perilaku prososialnya. Hardiness memberikan sumbangan efektif terhadap perilaku prososial pada mahasiswa yang mengikuti UKM Peduli Sosial Universitas Diponegoro sebesar 66.5% dan sisanya 33.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kata Kunci : Hardiness, perilaku prososial, mahasiswa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:55249
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:26 Sep 2017 15:48
Last Modified:26 Sep 2017 15:48

Repository Staff Only: item control page