Pengaruh Pemberian Pakan Sumber Protein Berbeda terhadap Laju Pakan, Kecernaan Protein dan Retensi Nitrogen Ayam Lokal Persilangan

SARASWATI, Saraswati and ATMOMARSONO, Umiyati and KISMIATI, Sri (2017) Pengaruh Pemberian Pakan Sumber Protein Berbeda terhadap Laju Pakan, Kecernaan Protein dan Retensi Nitrogen Ayam Lokal Persilangan. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
853Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]
Preview
PDF
87Kb
[img]
Preview
PDF
254Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

173Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

567Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1584Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberiaan pakan sumber protein berbeda terhadap laju pakan, kecernaan protein dan retensi nitrogen ayam lokal persilangan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 November 2016 – 26 Januari 2017 di kandang A Laboratorium Produksi Ternak Unggas Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 126 ekor ayam lokal persilangan (unsexed) umur 2 minggu dengan rata-rata bobot badan 129 ± 6,34 g (CV= 5,08%), kandang yang digunakan tipe panggung alas kawat. Bahan pakan sumber protein yang digunakan adalah bungkil kedelai, tepung ikan, (Meat Bone Meal) MBM, Poultry Meat Meal (PMM) dan feed supplement CaCO3. Bahan pakan sumber energi yang digunakan adalah jagung dan bekatul. Bahan pakan yang digunakan berbentuk mash dan pemberian pakan secara bebas memilih (satu bahan pakan satu tempat pakan). Perlakuan yang diberikan, yaitu: T1 : dua sumber protein (bungkil kedelai dan tepung ikan), T2 : tiga sumber protein (bungkil kedelai, tepung ikan dan MBM) dan T3 empat sumber protein (bungkil kedelai, tepung ikan, MBM dan PMM). Parameter yang diamati adalah laju pakan, kecernaan protein dan retensi nitrogen. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL), dengan menggunakan 3 perlakuan dan 7 ulangan, sehingga terdapat 21 unit percobaan dan berisi 6 ekor ayam setiap unit percobaan. Data dianalisis menggunakan analisis ragam dan diuji dengan dengan uji F taraf 5%, apabila perlakuan berpengaruh nyata terhadap parameter, dilanjutkan dengan uji jarak berganda dari Duncan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan sumber protein berbeda terdapat perbedaan nyata (P<0,05) terhadap laju pakan dan retensi nitrogen tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kecernaan protein ayam lokal persilangan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian pakan sumber protein yang semakin bervariasi (bungkil kedelai, tepung ikan, MBM dan PMM) dapat menambah lama laju pakan, meningkatkan retensi nitrogen, tetapi menghasilkan kecernaan protein yang sama pada ayam lokal persilangan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:55231
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Aug 2017 14:59
Last Modified:09 Aug 2017 14:59

Repository Staff Only: item control page