Manajemen Pencegahan dan Penanganan Penyakit Ayam Petelur Fase Layer di CV Novum Jaya Makmur Farm Kaliboto, Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah

WAHDANI, Shofia Ayu and WAHYONO, Fajar (2017) Manajemen Pencegahan dan Penanganan Penyakit Ayam Petelur Fase Layer di CV Novum Jaya Makmur Farm Kaliboto, Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
262Kb
[img]
Preview
PDF
83Kb
[img]
Preview
PDF
166Kb
[img]
Preview
PDF
239Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1115Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

766Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2151Kb

Abstract

Praktek kerja lapangan dilaksanakan pada tanggal 6 Februari – 20 Maret 2017 di CV Novum Jaya Mandiri Farm Dukuh Ngrombo, Kelurahan Kaliboto, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah. bertujuan untuk mengetahui manajemen pencegahan dan penanganan penyakit yang dilaksanakan di CV Novum Jaya Mandiri Farm. Materi yang digunakan adalah ayam petelur fase layer. kandang C5 dengan umur ayam 35 minggu dan populasi 2660 ekor, Thermometer untuk mengukur suhu kandang, timbangan gantung, kamera untuk dokumentasi, dan alat tulis. Metode yang digunakan adalah magang selama ±40 hari dan partisipasi aktif. Data yang dikumpulkan berupa data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara secara langsung dan data sekunder yang diperoleh dari catatan kesehatan yang dimiliki CV. Novum Jaya Mandiri Farm. Hasil praktek kerja lapangan di CV Novum Jaya Makmur Farm yaitu program pencegahan meliputi biosecurity, sanitasi, isolasi, vaksinasi. Kegiatan penanganan penyakit meliputi pemberian obat dan antibiotik pada ayam yang terserang penyakit. Selain itu, vitamin dan obat cacing juga diberikan secara rutin. Penanganan limbah yang dilakukan yaitu dengan cara menjual kotoran ayam ke pengepul secara rutin ± 4 kali dalam sebulan. Evaluasi terhadap keberhasilan diperoleh produksi telur sebesar 90,07%, morbiditas sebesar 0,79%, dan mortalitas sebesar 0,68%. Simpulan dari kegiatan praktek kerja lapangan yang dilakukan di CV Novum Jaya Makmur Farm bahwa manajemen pencegahan dan penanganan penyakit sudah baik, evaluasi terhadap keberhasilan diperoleh morbiditas rendah dan mortalitas rendah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:55230
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Aug 2017 14:32
Last Modified:09 Aug 2017 14:32

Repository Staff Only: item control page