HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA LAKI-LAKI KELAS X SMK NEGERI 4 SEMARANG

Dewi , Sianti and Kristiana, Ika Febrian (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA LAKI-LAKI KELAS X SMK NEGERI 4 SEMARANG. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
280Kb

Abstract

Kecerdasan emosional memainkan peranan penting dalam perilaku individu. Pengasuhan orang tua terutama ayah sangatlah penting bagi anak khususnya remaja. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan kecerdasan emosional pada siswa laki-laki kelas X di SMK N 4 Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa laki-laki kelas X SMK N 4 Semarang. Sampel penelitian ini berjumlah 211 orang, dengan teknik pengambilan cluster random sampling. Pengambilan data penelitian ini menggunakan Skala Persepsi Keterlibatan Ayah (37 aitem valid; α = .93) dan Skala Kecerdasan Emosional (40 aitem valid; α = .88) yang telah diujicobakan pada 102 siswa laki-laki kelas X SMK N 4 Semarang. Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan kecerdasan emosional, yang ditunjukkan melalui koefisien korelasi rxy = .352 dengan p = .000. Semakin tinggi persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan, maka semakin tinggi kecerdasan emosional siswa laki-laki kelas X SMK N 4 Semarang, dan sebaliknya. Persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan memberikan sumbangan efektif sebesar 12.4% terhadap kecerdasan emosional. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi siswa, orangtua, sekolah dan referensi pendukung bagi peneliti selanjutnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:55222
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:11 Aug 2017 10:41
Last Modified:11 Aug 2017 10:41

Repository Staff Only: item control page