Manajemen Penggemukan Sapi Brahman Cross Heifer Di PT. Karya Anugerah Rumpin, Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor

HANDY W, Yohannes Bosco and LESTARI, C.M. Sri (2017) Manajemen Penggemukan Sapi Brahman Cross Heifer Di PT. Karya Anugerah Rumpin, Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
520Kb
[img]
Preview
PDF
82Kb
[img]
Preview
PDF
137Kb
[img]
Preview
PDF
275Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

842Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1101Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2384Kb

Abstract

Tugas akhir disusun berdasarkan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari sampai dengan 25 Maret 2016 di PT. Karya Anugerah Rumpin, Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penggemukan sapi Brahman Cross heifer yang meliputi pemilihan dan penempatan bakalan, perkandangan, pakan, sanitasi serta pencegahan dan pengendalian penyakit. Materi yang diamati dalam PKL adalah 1 pen sapi Brahman Cross heifer yang ada di peternakan PT. Karya Anugerah Rumpin dengan sampel sebanyak 10 ekor. Alat yang digunakan adalah meteran untuk mengukur kandang, timbangan sapi dengan kapasitas 2 ton dengan ketelitian 1 kg, timbangan gantung untuk menimbang sisa pakan dengan kapasitasi 40 kg, serta hygrometer untuk mengukur suhu dan kelembaban kandang. Metode yang digunakan dalam PKL adalah studi kasus dengan partisipasi aktif melakukan kegiatan rutin di peternakan dan pencatatan data di PT. Karya Anugerah Rumpin. Data primer diperoleh dari pengukuran yang dilakukan selama pengamatan dan wawancara dengan karyawan perusahaan, sedangkan data sekunder diperoleh dari catatan-catatan yang ada di perusahaan dan lembaga terkait (kelurahan dan kecamatan). Hasil PKL yang diperoleh adalah bakalan diperoleh dari supplier sapi impor PT. HDS Subang. Perlakuan bakalan yang baru datang, ditimbang untuk mengetahui bobot awal, injeksi vitamin dan obat cacing, pemasangan eartag, lalu dimasukkan dalam kandang dengan pengelompokan berdasarkan frame size. Pemberian konsentrat pada pukul 08.00 WIB dan 13.00 WIB dengan jumlah 9,74 kg. Pemberian hijauan pada pukul 10.00 WIB dan 15.00 WIB dengan jumlah 4,46 kg. Air minum diberikan secara ad libitum. Sanitasi kandang dilakukan sekali dalam sehari pada pukul 07.00 WIB. Pertambahan bobot badan harian sapi 0,96 kg dengan konversi pakan sebesar 9,658, efisiensi pakan mencapai 10,35%, dan FC/G sebesar Rp. 25.180,67/kg. Simpulan dari PKL bahwa manajemen penggemukan sapi Brahman Cross heifer di PT. Karya Anugerah Rumpin sudah dilaksanakan dengan cukup baik, PBBH masih rendah dan desinfeksi tidak dilakukan secara teratur.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:55206
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Aug 2017 08:59
Last Modified:09 Aug 2017 08:59

Repository Staff Only: item control page