Manajemen Pemeliharaan Ayam Broiler Pembibit Fase Layer Awal Produksi di Breeding Farm Unit Cicurug PT Patriot Intan Abadi Sukabumi Jawa Barat

HANIFAN, Hanifan (2017) Manajemen Pemeliharaan Ayam Broiler Pembibit Fase Layer Awal Produksi di Breeding Farm Unit Cicurug PT Patriot Intan Abadi Sukabumi Jawa Barat. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
672Kb
[img]
Preview
PDF
98Kb
[img]
Preview
PDF
119Kb
[img]
Preview
PDF
96Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1181Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1943Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1943Kb

Abstract

Laporan Tugas Akhir (TA) disusun berdasarkan serangkaian kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari sampai 29 Maret 2017 di Cicurug Farm Desa Wangunjaya bertujuan untuk mengamati manajemen pemeliharaan ayam pembibit broiler fase layer awal produksi di Cicurug Farm dan kererampilan kerjap raktis. Manfaat yang diperoleh dari PKL ini mendapatkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan kerja di Cicurug Farm. Materi yang digunakan dalam Praktik Kerja Lapangan adalah ayam pembibit broiler fase layer di Cicurug Farm. Metode yang dilakukan pada Praktek Kerja Lapangan yaitu berpartisipasi secara aktif mengikuti kegiatan rutin farm. Pengambilan data tentang perusahaan meliputi data primer maupun data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara observasi secara langsung dan wawancara menyesuaikan daftar kuesioner yang mencangkup seluruh aspek manajemen pemeliharaan fase layer. Data sekunder yang diperoleh dari catatan di Cicurug Farm berupa data pakan, air minum, program pencahyaan, perkandangan, pencegahan penyakit (biosekuriti dan vaksinasi) dan produksi telur. Hasil yang diperoleh diolah secara deskriptif dan statistik sederhana dibandingkan dengan sitasi kemudian dikembangkan dengan membuat laporan Tugas Akhir (TA). Manajemen Pemeliharaan ayam pembibit broiler pada fase layer awal produksi Cicurug Farm mulai dari aspek bibit menggunakan Cobb 500, aspek perkandangan bagus karena memakai bantuan alat yang modern agar ternak nyaman, aspek pemberian pakan bagus dari segi nutrisi, jumlah pakan dan distribusi pakan dan pemberian minum jumlah tempat minum tercukupi dan air tak terbatas mengurangi kemungkinan dehidrasi pada ayam, pencegahan penyakit dari aspek biosecurity sebagian besar sesuai standar perusahaan akan tetapi pada zona transisi ke hijau tidak ada bangunan untuk mandi sedangkan pencegahan penyakit harus ketat, sex ratio sesuai standar, culling bertujuan mengeliminasi ayam yang tidak layak sebagai breeder dan mortalitas sesuai standar, aspek pencahayaan meliputi jumlah lampu sesuai standar yang dibutuhkan, manajemen pasca panen sudah sesuai dengan aspek pemeliharaan yang baik. Simpulan dari manajemen Pemeliharaan ayam pembibit broiler pada fase layer awal produksi Cicurug Farm mulai dari aspek bibit, aspek perkandangan, aspek pemberian pakan dan pemberian minum, pencegahan penyakit dari aspek biosekuriti, sex ratio , culling dan mortalitas, aspek pencahayaan, manajemen pasca panen sudah sesuai dengan aspek pemeliharaan yang baik dapat dilihat dari tolah ukur keberhasilan farm berupa persentase hatching egg (HE) dan persentase hen week production (HWP) baik sesuai standar cobb-vantress dan standar perusahaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:55204
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:09 Aug 2017 08:43
Last Modified:09 Aug 2017 08:43

Repository Staff Only: item control page