Evaluasi Kualitas Ransum Ayam Petelur Fase Layer di CV. Novum Jaya Makmur Desa Kaliboto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar

SUJATNI, Fenioka and MANGISAH, Istna (2017) Evaluasi Kualitas Ransum Ayam Petelur Fase Layer di CV. Novum Jaya Makmur Desa Kaliboto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
329Kb
[img]
Preview
PDF
84Kb
[img]
Preview
PDF
163Kb
[img]
Preview
PDF
90Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

229Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

812Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1279Kb

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PKL) dilakukan di Peternakan CV. Novum Jaya Makmur dari tanggal 06 Februari sampai 20 Maret 2017. Praktik Kerja Lapangan bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi kualitas ransum ayam petelur fase layer di CV. Novum Jaya Makmur Desa Kaliboto Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Manfaat dari kegiatan PKL untuk memperoleh wawasan dan menambah keterampilan serta pengetahuan tentang manajemen usaha ayam petelur khususnya aspek pakan ayam petelur fase layer. Materi yang diamati adalah ayam petelur jenis Hy-Line Brown fase layer umur 38 - 43 minggu sebanyak 2688 ekor, dan ransum untuk fase layer. Alat yang digunakan adalah kuesioner untuk mewawancarai tenaga kerja, alat tulis untuk mencatat data, meteran untuk mengukur bagian kandang, timbangan untuk menimbang bobot ayam, dan kamera untuk foto dokumentasi kegiatan. Metode yang digunakan adalah melakukan pengamatan secara langsung di lapangan dan ikut serta dalam melakukan kegiatan di peternakan secara aktif dan rutin. Data pengamatan yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara secara langsung, melakukan pengamatan setiap hari, menghitung hen day production (HDP), menimbang berat telur, menghitung konsumsi ransum, dan konversi ransum. Data sekunder diperoleh dari data recording pemeliharaan, dan catatan tentang produksi dan pakan. Penyusunan ransum dilakukan sendiri, dengan komposisi jagung kuning 50,35%, bekatul 9,80%, bungkil kacang kedelai 23,90%, meat and bone meal 7.50%, grit 7,55%, dikalsium posfat 0,05%, metionin 0,10%, masamix 0,50%, dan garam 0,25%. Kandungan nutrisi pada ransum di CV. Novum Jaya Makmur yaitu energi metabolisme 2629 kkal/kg, protein 20%, Ca 3,38%, dan P total 0,75%. Konsumsi ransum 118 g/ekor/hari, konversi ransum 2,1 dan HDP 88,74%. Berdasarkan hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) di CV. Novum Jaya Makmur, Desa Kaliboto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar dapat disimpulkan bahwa kandungan nutrisi berupa energi metabolisme lebih rendah dari standar yaitu 21 kkal/kg, protein lebih tinggi dari standar yaitu 4%, kalsium dan phospor sesuai dengan standar. Konsumsi ransum lebih tinggi dari standar yaitu 7 gr/ekor/hari, konversi ransum lebih tinggi dari standar yaitu 0,09, dan hen day production (HDP) lebih rendah dari standar yaitu 3,43%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:55202
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Aug 2017 08:24
Last Modified:09 Aug 2017 08:24

Repository Staff Only: item control page