Tata Laksana Pengolahan Pakan Konsentrat Sapi Perah Di Koperasi Peternakan Sarono Makmur Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman

PRASETYO, Fata Hasan and PUJANINGSIH, Retno Iswarin (2017) Tata Laksana Pengolahan Pakan Konsentrat Sapi Perah Di Koperasi Peternakan Sarono Makmur Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
194Kb
[img]
Preview
PDF
84Kb
[img]
Preview
PDF
177Kb
[img]
Preview
PDF
84Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

594Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1233Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2035Kb

Abstract

Tugas Akhir disusun berdasarkan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan pada tanggal 13 Februari sampai dengan 13 Maret 2017di Koperasi Peternakan Sarono Makmur Cangkringan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh ilmu dan pengalaman dalam pembuatan dan pengendalian mutu konsentrat sapi perah. Materi yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapangan dengan bahasan Tata laksana Pengolahan Pakan Konsentrat Sapi Perah di Koperasi sarono Makmur menggunakan alat-alat yaitu grinder untuk menggiling bahan pakan, mixer untuk mencampur bahan pakan, karung untuk mengemas konsentrat, mesin jahit untuk menjahit karung, timbangan untuk menimbang produk, Kamera untuk dokumentasi. Bahan yang digunakan dalam pembuatan konsentrat antara lain, bekatul, pollard, jagung, bungkil kedelai, bungkil kopra, bungkil biji kapuk, molases, kapur, premix, zat aditif dan garam. Metode yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapangan menggunakan metode observatif dengan terjun secara langsung dalam proses pembuatan pakan . mengamati proses pembuatan konsentrat dari pengolahan bahan pakan hingga pendistribusian konsentrat. Hasil PKL menunjukkan bahwa pengolahan konsentrat pakan sapi perah di KPSM Cangkringan diawali dari pengadaan bahan pakan, Penanganan bahan pakan, Pengolahan bahan pakan menjadi konsentrat, Pengemasan konsentrat yang sudah jadi, dan Pergudangan. Simpulan dari kegiatan PKL : pelaksanaan pengolahan dan pengendalian mutu konsentrat sapi perah di KPSM cangkringan sudah terlaksana dengan baik. Mekanisme pengolahan sudah dilaksanakan dengan baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
ID Code:55201
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Aug 2017 07:31
Last Modified:09 Aug 2017 07:31

Repository Staff Only: item control page