Kajian Gerakan Tanah dan Penanganannya dengan Bored Pile di Jalan Slawi - Jatinegara KM 87+800 - 88+500 Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah

Adzimah, Firdaus Lazuardi and Putranto, Thomas Triadi and Trisnawati, Devina (2017) Kajian Gerakan Tanah dan Penanganannya dengan Bored Pile di Jalan Slawi - Jatinegara KM 87+800 - 88+500 Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Faculty of Engineering.

[img]PDF (Firdaus Lazuardi Adzimah_21100112140024_2017_LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

4Mb
[img]PDF (Firdaus Lazuardi Adzimah_21100112140024_2017_DAFTARPUSTAKA)
Restricted to Repository staff only

187Kb
[img]
Preview
PDF (Firdaus Lazuardi Adzimah_21100112140024_2017_JUDUL)
744Kb
[img]PDF (Firdaus Lazuardi Adzimah_21100112140024_2017_BAB I)
Restricted to Repository staff only

297Kb
[img]PDF (Firdaus Lazuardi Adzimah_21100112140024_2017_BAB II)
Restricted to Repository staff only

1042Kb
[img]PDF (Firdaus Lazuardi Adzimah_21100112140024_2017_BAB III)
Restricted to Repository staff only

275Kb
[img]PDF (Firdaus Lazuardi Adzimah_21100112140024_2017_BAB IV)
Restricted to Repository staff only

4Mb
[img]PDF (Firdaus Lazuardi Adzimah_21100112140024_2017_BAB V)
Restricted to Repository staff only

8Kb

Abstract

Pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan Slawi-Jatinegara akan mempengaruhi kondisi tanah di bawahnya. Penelitian terhadap gerakan tanah pada kontruksi jalan dilakukan pada ruas jalan yang mengalami longsor, terutama pada KM 87+800-KM 88+500. Kondisi tanah di sekitar ruas jalan mengalami pergerakan menyebabkan jalan bergelombang. Kondisi bawah permukaan di mana infrastruktur jalan dibangun menjadi hal penting untuk diketahui guna menangani kerusakan infrastruktur akibat longsor. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kedalaman bidang gelincir, mineral lempung yang berpengaruh terhadap longsor, nilai keamanan dan deformasi lereng melalui pemodelan lereng oleh Plaxis, serta rekomendasi penangannya secara keteknikan dengan bored pile dan aspek geologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi di lapangan meliputi pemetaan geoteknik, pemboran inti dan uji SPT serta pengukuran geolistrik. Sampel inti batuan hasil pemboran dilakukan uji laboratorium sifat fisik dan mekanik tanah serta uji SEM-EDX untuk diketahui jenis mineral lempung. Hasil yang diperoleh pada daerah penelitian terdiri atas 3 satuan litologi, yaitu batulempung kepasiran, batupasir kelempungan dan batulempung. Bidang gelincir pada lereng yang diperkirakan dari penampang korelasi pemboran dan geolistrik serta nilai N SPT terdapat pada kedalaman 11,00-12,00 mbmt pada bagian bawah ruas jalan. Mineral lempung yang terdapat pada daerah penelitian berupa kaolinit, illit dan montmorilonit. Lereng dengan kondisi pembeban jalan memiliki nilai keamanan 1,25 dan mengalami displacement 0,315 m. Penanganan lereng sesuai dengan kapasitas daya dukung dilakukan melalui pemasangan bored pile dengan diameter 0,6 m pada kedalaman 15,00 mbmt. Penanganan tersebut menghasilkan nilai keamanan lereng meningkat menjadi 2,81 dan memperkecil displacement menjadi 0,136 m. Katakunci : Slawi, Longsor, Jalan, Mineral Lempung, Bidang Gelincir, Bored Pile

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QE Geology
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering
ID Code:55187
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Aug 2017 10:05
Last Modified:08 Aug 2017 11:01

Repository Staff Only: item control page