Manajemen Pengendalian Mutu Pakan KonsentratSapi Perah di Koperasi Peternakan Sarono Makmur, Desa Wukirsari, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Yogyakarta

SULASMOKO, Bagus and PRASETIYONO, Bambang Waluyo Eko (2017) Manajemen Pengendalian Mutu Pakan KonsentratSapi Perah di Koperasi Peternakan Sarono Makmur, Desa Wukirsari, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
349Kb
[img]
Preview
PDF
85Kb
[img]
Preview
PDF
180Kb
[img]
Preview
PDF
160Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

389Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1343Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1924Kb

Abstract

Tugas akhir disusun berdasarkan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang telah dilaksanakan pada 13 Februari 2017 sampai dengan 13 Maret 2017 di Koperasi Peternakan Sarono Makmur (KPSM), Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui dan mengkaji manajemen pengendalian mutu yang dilakukan di Koperasi Peternakan Sarono Makmur dan memberikan pengalaman langsung perbedaan teori yang sudah didapat dengan praktek di lapangan. Materi yang digunakan dalam kegiatan PKL yaitu bahan baku pakan, peralatan produksi mesin grinder, mesin mixer, skop, karung, mesin jahit, ember dan konsentrat sedangkan metode yang digunakan yaitu observasi dengan mengikuti kegiatan secara langsung dalam unit produksi makanan ternak untuk mengetahui pengendalian mutu pakan yang diterapkan. Data primer diperoleh dengan melakukan pengumpulan data pribadi melalui kegiatan yang dilakukan di unit produksi makanan ternak KPSM. Data sekunder diperoleh dari data milik KPSM yang sudah ada. Analisis proksimat terhadap konsentrat kemudian menyusun data dan membandingkannya dengan pustaka. Hasil PKL menunjukan bahwa Manajemen Pengendalian Mutu Pakan Konsentrat di KPSM belum terlaksana dengan baik karena kondisi gudang penyimpanan dan kebersihannya yang belum terjaga dengan baik. Hasil analisis proksimat pakan konsentrat yaitu Kadar Air (KA) 11,40%, Protein Kasar (PK) 18,65%, Lemak Kasar (LK) 4,59%, Serat Kasar (SK) 18,28%, Abu 7,73%. Hasil tersebut sudah baik dan memenuhi SNI pakan konsentrat sapi perah. Simpulan kegiatan PKL yaitu pengendalian mutu di koperasi sarono makmur sebagian belum baik pada pengendalian mutu saat penerimaan dan penyimpanan bahan baku.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:55178
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Aug 2017 14:47
Last Modified:07 Aug 2017 14:47

Repository Staff Only: item control page