Seleksi Bibit Pejantan Unggul Sapi Friesien Holstein di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Kabupaten Malang Jawa Timur.

SUBARKAH, Agil Firman and SUTOPO, Sutopo (2017) Seleksi Bibit Pejantan Unggul Sapi Friesien Holstein di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Kabupaten Malang Jawa Timur. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
293Kb
[img]
Preview
PDF
259Kb
[img]
Preview
PDF
474Kb
[img]
Preview
PDF
143Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

605Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1212Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2034Kb

Abstract

Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur, pada tanggal 15 Februari 2017 sampai tanggal 31 Maret 2017. Manfaat dari Praktek Kerja Lapangan ini untuk memperoleh pengetahuan, menambah pengalaman dan wawasan mengenai seleksi bibit pejantan unggul sapi Friesien Holstein di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari kemudian dapat membandingkannya dengan teori yang diperoleh. Materi yang digunakan dalam kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini yaitu sampling 20 ekor sapi perah Friesien Holstein pejantan di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari. Alat yang digunakan yaitu kamera untuk dokumentasi, alat tulis untuk mecatat, pita ukur untuk mengukur lingkar skrotum. Metode yang digunakan observasi dan partisipasi aktif dalam kegiatan pemeliharaan ternak. Parameter yang diamati meliputi umur, bobot badan, ukuran skrotum, pedigree, kualitas semen, body score dan kesehatan sapi Friesien Holstein. Hasil Praktek Kerja Lapangan di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari bahwa sapi pejantan yang digunakan merupakan asli Friesien Holstein, tetapi tidak diarsipkan silsilah pedigree yang jelas. Seleksi dilakukan pada urutan pedigree, body score, kualitas semen, umur, ukuran skrotum dan kesehatan hewan. Simpulan PKL bahwa seleksi pejantan di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari dilakukan sesuai ketentuan Menteri Pertanian.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:55162
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Aug 2017 09:49
Last Modified:07 Aug 2017 09:49

Repository Staff Only: item control page