ARTI AYAH BAGI ANAK PASCA KONVERSI AGAMA Sebuah Studi Fenomenologis dengan Pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA)

Pamungkas, Gagah Putra and Abidin, Zainal (2017) ARTI AYAH BAGI ANAK PASCA KONVERSI AGAMA Sebuah Studi Fenomenologis dengan Pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
89Kb

Abstract

ARTI AYAH BAGI ANAK PASCA KONVERSI AGAMA Sebuah Studi Fenomenologis dengan Pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) Gagah Putra Pamungkas, Zaenal Abidin Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275 ikas.pamungkas@gmail.com, zaenalpsi219@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman anak yang memiliki ayah berbeda agama, khususnya anak laki-laki. Peneliti menemukan tiga subjek sesuai dengan kriteria yang dicari melalui key person. Subjek penelitian berjumlah tiga orang dan berjenis kelamin laki-laki. Karakteristik dalam penelitian ini antara lain memiliki ayah kandung yang berbeda agama dengan subjek minimal selama tiga tahun dan berusia antara 20 hingga 25 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) untuk menganalisis data yang telah diperoleh dari hasil wawancara. Ketiga subjek berbeda agama dengan ayah karena melakukan konversi agama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh ayah dalam diri anak yang memiliki perbedaan agama. Sosok ayah yang menjadi panutan sangat berpengaruh dalam perkembangan diri ketiga subjek, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa perasaan sedih muncul di ketiga subjek karena tidak dapat beribadah bersama ayah. Penelitian ini menemukan keunikan pada subjek kedua yaitu problematik dengan ayah. Problematik dengan ayah menjadikan subjek kedua merasa kurangnya kehadiran ayah dan merasa bingung terhadap sosok ayah, sehingga subjek kedua sempat memandang buruk dan bersikap tak acuh terhadap ayah. Kata kunci: pengaruh ayah, konversi agama, anak laki-laki.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:55110
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Aug 2017 15:27
Last Modified:14 Aug 2017 15:27

Repository Staff Only: item control page