HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN KESEPIAN PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT DAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Ningrumsari , Putri Ria and Sawitri, Dian Ratna (2017) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN KESEPIAN PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT DAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
343Kb

Abstract

Individu pada masa dewasa awal mengalami transisi dari sekolah menengah atas ke perguruan tinggi. Pada masa tersebut melibatkan berbagai perubahan besar dalam aspek fisik, kognitif, dan psikososial. Selama masa transisi ke perguruan tinggi, ditemukan bahwa terdapat resiko munculnya fenomena kesepian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan kesepian pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro sejumlah 886 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 248 orang yang diperoleh dengan teknik convenience sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan Skala Regulasi Diri (26 aitem valid; α = .88) dan Skala Kesepian (26 aitem valid; α = .89), yang telah diujicobakan pada 92 mahasiswa. Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan yang negatif dan signifikan antara regulasi diri dengan kesepian yang ditunjukkan melalui koefisien korelasi rxy = -.54 dengan p = .000 (p<.001). Semakin tinggi regulasi diri, maka kesepian yang dirasakan akan semakin rendah, dan sebaliknya. Regulasi diri memberikan sumbangan efektif sebesar 29% pada kesepian. Analisis tambahan dalam penelitian ini menggunakan t-test independent sample, yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kesepian yang signifikan didasarkan pada perbedaan tempat tinggal, jenis kelamin, maupun asal fakultas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi mahasiswa dan fakultas mengenai regulasi diri dan kesepian, maupun referensi pendukung bagi peneliti selanjutnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:55109
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Aug 2017 09:50
Last Modified:15 Aug 2017 09:50

Repository Staff Only: item control page