HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PROKRASTINASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM SURAKARTA

Wiyarti, Herwit Arsita and Setyawan , Imam (2017) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PROKRASTINASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM SURAKARTA. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
247Kb

Abstract

proses menghafal Al-Qur’an seringkali menjadi fase yang penuh dengan hambatan sehingga menimbulkan stres. Penundaan dalam menyelesaikan hafalan Al-Qur’an disebut dengan prokrastinasi menghafal Al-Qur’an, yang dilakukan untuk menghindari situasi yang menimbulkan stres. Dukungan sosial teman sebaya merupakan salah satu faktor yang dapat mengurangi efek negatif dari stres sehingga proses menghafal Al-Qur’an dapat berjalan dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi menghafal Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta. Sampel penelitian berjumlah 161 santri Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan 2 alat ukur skala psikologi yaitu skala prokrastinasi menghafal Al-Qur’an (35 aitem valid, α = 0,919) dan skala dukungan sosial teman sebaya (54 aitem valid, α = 0,969). Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik spearman’s rho untuk melihat hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,335 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima, yaitu terdapat hubungan negatif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi menghafal Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta. Semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin rendah prokrastinasi menghafal Al-Qur’an. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi prokrastinasi menghafal Al-Qur’an.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:55105
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Jul 2017 14:48
Last Modified:30 Jul 2017 14:51

Repository Staff Only: item control page