Pengaruh Marinasi Jus Serai Dapur (Cymbopogon citratus) terhadap Karakteristik Mikrobiologis dan Aktivitas Air Daging Itik

PRANGESTIASIH, Pricilia Ninis and RIZQIATI, Heni and SUSANTI, Siti (2017) Pengaruh Marinasi Jus Serai Dapur (Cymbopogon citratus) terhadap Karakteristik Mikrobiologis dan Aktivitas Air Daging Itik. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
258Kb
[img]
Preview
PDF
89Kb
[img]
Preview
PDF
164Kb
[img]
Preview
PDF
166Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

250Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

200Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

548Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui pengaruh marinasi serai dapur terhadap karakteristik pertumbuhan mikrobiologis bakteri pada daging itik. Parameter pengujian yang digunakan uji total bakteri, Coliform, E. coli dan aktivitas air. Penelitian dilakukan di Laboratorium Kimia dan Gizi Pangan serta Laboratorium Rekayasa Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro pada bulan Januari hingga Maret 2017 dan pengolahan data dilakukan pada bulan Maret hingga April 2017. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah daging itik, serai dapur, Briliance Agar (BA), MacConkey Agar (MCA), Potato Count Agar (PCA) dan aquades. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan yang diterapkan pada uji sampel yaitu T0 = penambahan jus serai 0%, T1 = penambahan jus serai 6%, T2 = penambahan jus serai 9%, T3 = penambahan jus serai 12% dan T4 = penambahan jus serai 15%. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah total bakteri, Coliform, E. coli dan aktivitas air. Data total bakteri, Coliform, E. coli dan aktivitas air dianalisis dengan menggunakan ANOVA pada taraf 5%. Jika terdapat perbedaan nyata dari perlakuan maka dilanjut dengan Uji Wilayah Ganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan jus serai dengan konsentrasi yang berbeda berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap nilai total bakteri, Coliform, E. coli dan aktivitas air. Kesimpulan yang didapatkan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu semakin besar konsentrasi jus serai yang ditambahkan maka menurunkan nilai total bakteri, Coliform, E. coli dan aktivitas air.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Food Technology
ID Code:55008
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:24 Jul 2017 15:31
Last Modified:24 Jul 2017 15:31

Repository Staff Only: item control page