Karakteristik Morfometrik Itik Megelang Generasi Kedua di Balai Pembibitan dan Budidaya Ternak Non Ruminansia Satuan Kerja Itik Banyubiru

BUDI, Dwika Setya and KURNIANTO, Edy and SUTOPO, Sutopo (2017) Karakteristik Morfometrik Itik Megelang Generasi Kedua di Balai Pembibitan dan Budidaya Ternak Non Ruminansia Satuan Kerja Itik Banyubiru. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
633Kb
[img]
Preview
PDF
83Kb
[img]
Preview
PDF
91Kb
[img]
Preview
PDF
205Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

169Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2101Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

3105Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan karakterisasi ukuran-ukuran tubuh itik Magelang berdasarkan kelompok bobot badan, periode pengukuran dan jenis kelamin. Penelitian ini dilakukan di Balai Pembibitan dan Budidaya Ternak Non Ruminansia Satuan Kerja Itik Banyubiru dari Maret – November 2016. Materi yang digunakan adalah itik Magelang generasi kedua sebanyak 54 ekor (48 betina dan 6 jantan) yang berumur 6 bulan. Itik Magelang dibagi dalam 6 kelompok berdasarkan bobot badan (flok). Setiap flok terdiri dari 8 betina dan satu pejantan. Metode yang digunakan adalah observasional yaitu pengukuran langsung pada materi penelitian. Variabel ukuran tubuh yang diamati meliputi panjang maxilla, panjang leher, panjang badan, panjang dada, lingkar dada, panjang tarsometatarsus, lingkar tarsometatarsus, panjang tibia, panjang femur, panjang sayap, panjang jari ke-3, lebar kalung dan bobot badan. Pengukuran dilakukan sebanyak 3 kali pada saat itik berumur sekitar 6; 9 dan 12 bulan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan univariate dan multivariate dengan bantuan software Statistical Analysis System 9.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panjang maxilla, panjang leher, panjang badan, lingkar dada, lingkar tarsometatarsus, panjang tibia, panjang femur, panjang sayap dan panjang jari ketiga adalah ukuran-ukuran tubuh yang memiliki perbedaan pada periode pengukuran yang berbeda. Panjang maxilla, panjang badan, panjang dada, lingkar dada, panjang tibia, panjang femur, panjang sayap, panjang jari ketiga dan bobot badan adalah adalah ukuran-ukuran tubuh yang memiliki perbedaan pada kelompok bobot badan. Perbedaan ukuran-ukuran tubuh berdasarkan jenis kelamin pada periode pengukuran pertama meliputi panjang leher, panjang badan, panjang sayap dan panjang jari ketiga, periode pengukuran kedua meliputi panjang maxilla, panjang tarsometatarsus dan panjang sayap, periode pengukuran ketiga meliputi panjang maxilla, panjang leher, panjang badan, panjang dada, lingkar dada, panjang tarsometatarsus, panjang tibia dan panjang jari ketiga. Panjang dada dan lingkar dada dapat dijadikan pembeda antar kelompok itik Magelang. Peta penyebaran itik flok A dan flok B berada di daerah kiri axis Y dan di daerah atas axis X, itik flok C berada di daerah kiri axis Y dan di daerah bawah axis X, itik flok D dan F berada di daerah kanan axis Y dan di daerah atas axis X, dan itik flok E berada di daerah kanan axix Y dan di daerah bawah axis X. Tingkat kesamaan ukuran-ukuran tubuh itik Magelang adalah flok A 59,26%, flok B 51,83%, flok C 51,85%, flok D 59,26%, flok E 48,15%, dan flok F 77,78%. Simpulan penelitian ini adalah periode pengukuran, bobot badan, dan jenis kelamin yang berbeda menunjukkan perbedaan nyata (P<0,05) terhadap beberapa variabel yang diamati. Panjang dada dan lingkar dada dapat dijadikan pembeda antar kelompok itik Magelang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:54993
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:24 Jul 2017 09:14
Last Modified:24 Jul 2017 09:14

Repository Staff Only: item control page