STRATEGI ADAPTASI BERMUKIM DI PERMUKIMAN TEPI SUNGAI KOTA PULANG PISAU KABUPATEN PULANG PISAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Purwanto, Edi and Wahyuni, Akhmad (2017) STRATEGI ADAPTASI BERMUKIM DI PERMUKIMAN TEPI SUNGAI KOTA PULANG PISAU KABUPATEN PULANG PISAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Working Paper. Universitas Diponegoro, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
358Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4Mb
[img]
Preview
PDF
312Kb
[img]
Preview
PDF
21Kb
[img]
Preview
PDF
19Kb

Abstract

Penelitian dengan judul strategi adaptasi bermukim di permukiman tepi air kota Pulang Pisau sengaja dilakukan karena [i] permukiman tersebut mempunyai tipologi yang hampir mirip dengan permukiman di tepi/atas sungai di pulau Kalimantan, [ii] permukiman tersebut sedang mengalami fenomena gangguan alam terkena dampak banjir dari sungai Kahayan terutama saat musim hujandan gangguan iklim. Permukiman tersebut sebagian berada di atas sungai dan sebagian di kawasan transisi antara sungai dan darat namun saat terjadi banjir kawasan ini menjadi tergenang. Dengan adanya fenomena gangguan alam, dan untuk tetap mempertahankan keberlangsungan kehidupan, masyarakat/penghuni mau tidak mau harus beradaptasi dengan lingkungannya. Proses dan bentuk adaptasi inilah yang hendak digali melalui penelitian ini. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan mempertimbangkan berbagai factor. Penelitian ini berhasil mengungkap strategi adaptasi dalam bermukim yang disebabkan faktor alam berupa gangguan banjir sungai Kahayan terutama saat musim hujan dan gangguang iklim yang berkaitan dengan gerakan angin, hujan, dan temperatur/suhu serta faktor yang mempengaruhi berdasarkan kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Item Type:Monograph (Working Paper)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:54959
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jul 2017 14:53
Last Modified:10 Jan 2018 09:12

Repository Staff Only: item control page