Sulanda , Carista and Iswanto, Dhanoe and Indriastjario, Indriastjario (2017) SEKOLAH ALAM GUNUNGPATI. Undergraduate thesis, universitas Diponegoro.
| PDF 449Kb | |
| PDF 139Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 4Mb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 403Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 897Kb | ||
| PDF 375Kb | |
| PDF 117Kb | |
| PDF 65Kb |
Abstract
Pendidikan merupakan harapan terbaik kemanusiaan dan cara paling efektif dalam upaya mencapai pembangunan berkelanjutan. Pertama, masyarakat kita sangat membutuhkan pendidikan jenis baru yang dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih parah pada planet kita, dan yang membantu perkembangan orang-orang yang peduli dan bertanggung jawab yang memiliki perhatian penuh dan mampu berkontribusi untuk perdamaian dunia. Kedua, pendidikan jenis baru harus tersedia bagi semua – bukan hanya segelintir orang – dan berlangsung di berbagai kalangan, termasuk keluarga dan komunitas. Ketiga, pendidikan tersebut harus dimulai di usia dini, sebagaimana nilai-nilai, sikap, perilaku dan keterampilan yang diperoleh pada periode ini akan memiliki dampak jangka panjang di kemudian hari. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini jelas memiliki posisi penting dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Sebagai turunan dari misi UNESCO tersebut, Indonesia, melalui kerjasama antara Kementrian Lingkungan Hidup dan Kementrian Pendidikan membentuk suatu program bernama program Adiwiyata. Adiwiyata mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan. Pelaksanaan Program Adiwiyata diletakkan pada dua prinsip dasar yaitu “Partisipatif” dan “Berkelanjutan” Sekolah Alam memiliki perbedaan yang khas dibanding sekolah pada umumnya. Sekolah Alam adalah fasilitas pendidikan dengan konsep pengembangan pendidikan yang lebih menyatu dengan lingkungan hidup. Berkaitan dengan pembangunan yang berkelanjutan diatas, pembangunan Sekolah Alam dapat menjadi solusi strategis pendidikan anak sejak usia dini sebagai potensi besar dalam pembangunan berkelanjutan. Dari uraian tersebut di atas, di Semarang dibutuhkan pembangunan sarana pendidikan yang sadar lingkungan sesuai dengan cita-cita pembangunan berkelanjutan untuk melawan krisis lingkungan yang terjadi secara global. Oleh karena itu, solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan perencanaan dan perancangan tentang “Sekolah Alam Gunungpati” dengan penekanan Desain Arsitektur Berkelanjutan. Kata Kunci : Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Alam, Arsitektur Berkelanjutan, Bambu, Pembangunan Berkelanjutan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
ID Code: | 54947 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 20 Jul 2017 10:51 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 10:51 |
Repository Staff Only: item control page