PREFERENSI DAN PERSEPSI KONSUMSI PRODUK NUGGET SEBAGAI ALTERNATIF KONSUMSI DAGING AYAM PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG Preference and Perception of Chicken Nugget As An Alternative of Chicken Meat Consumption in Secang, Magelang

PRASTIWI, Wahyu Dyah and SANTOSO, Siswanto Imam and MARZUKI, Sudiyono (2017) PREFERENSI DAN PERSEPSI KONSUMSI PRODUK NUGGET SEBAGAI ALTERNATIF KONSUMSI DAGING AYAM PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG Preference and Perception of Chicken Nugget As An Alternative of Chicken Meat Consumption in Secang, Magelang. Agromedia, 35 (1). pp. 65-72. ISSN 0215-8302

[img]
Preview
PDF
1846Kb

Official URL: http://jurnalkampus.stipfarming.ac.id/index.php/am...

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengkaji persepsi dan preferensi konsumen terhadap produk nugget ayam. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive random sampling dengan responden ibu rumah tangga atau orang dewasa yang bertanggung jawab atas pembelian/ belanja pangan rumah tangga. Data dianalisis secara deskriptif. Analisis data menunjukkan bahwa pada kelompok umur yang berbeda terdapat perbedaan signifikan tingkat kesukaan konsumen (nilai 2 = 43,964 dengan p<0,05) terhadap produk nugget ayam. Anak-anak, remaja dan orang dewasa sampai dengan umur 40 merupakan konsumen yang menyukai produk nugget ayam. Terdapat penilaian persepsi yang positif dari konsumen terhadap produk nugget ayam. Berdasarkan temuan dan kesimpulan pada penelitian ini maka disarankan agar produsen nugget ayam hendaknya selalu menjaga kontinyuitas produksi dan kualitas produk terkait dengan persepsi positif konsumen. Pemerintah hendaknya meningkatkan peran dalam mekanisme pengawasan kualitas produk nugget ayam, menjamin kestabilan harga dan distribusi yang merata ke seluruh wilayah. Terkait dengan potensi olahan daging, hendaknya pemerintah mendorong perbaikan kualitas produksi daging ayam sehingga dapat meningkatkan preferensi masyarakat terhadap produk olahan daging ayam. Kata kunci: preferensi, persepsi, ayam, nugget ABSTRACT Research was conducted to explore consumer perception and preference of chicken nugget. Purposive random sampling was used in the research with housewife or adult who responsible for food shopping in the family as the respondent. Descriptive statistics were used to analyze the data. Results of analysis showed that there is a significant difference of preferences in different ages of group of the respondents (Chi square statistic = 43.964 with p<0.05). Children, teenagers and adults up to 40 years old were the consumer who had highest preference of this product. There was a positive perception to the products. Based on the results, it is suggested for the producer to maintain the quality and continuity of the products’ supply. Government should increase their role in supervising the quality of products and ensure the price stability and equal distribution to all area. Government should also support the development of quality in producing the chicken meat in order to increase the consumer preference to chicken meat product. Keywords: preference, perception, chicken, nugget

Item Type:Article
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:54854
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jul 2017 13:19
Last Modified:18 Oct 2017 11:48

Repository Staff Only: item control page