PENGARUH PEMBERIAN PAKAN Daphnia sp. HASIL KULTUR MASSAL MENGGUNAKAN LIMBAH ORGANIK TERFERMENTASI UNTUK PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN IKAN KOKI (Carassius auratus)

HERAWATI , VIVI ENDAR and Nugroho, Ristiawan Agung and Pinandoyo, Pinandoyo and Sarjito, Sarjito and Hutabarat, Johannes (2017) PENGARUH PEMBERIAN PAKAN Daphnia sp. HASIL KULTUR MASSAL MENGGUNAKAN LIMBAH ORGANIK TERFERMENTASI UNTUK PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN IKAN KOKI (Carassius auratus). In: Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan ke-VI. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, pp. 658-667. ISBN 2339-0883

[img]
Preview
PDF - Published Version
722Kb

Abstract

Ikan koki merupakan ikan hias air tawar yang banyak digemari berbagai kalangan.. Pakan alami dalam pembenihan ikan koki selama ini adalah Daphnia sp., hal ini karena ukuran sesuai bukaan mulut larva dan kandungan nutrisinya yang tinggi. Tujuan penelitian adalah menemukan pengaruh pertumbuhan dan kelulushidupan larva ikan koki dengan pemberian pakan Daphnia sp. hasil kultur massal limbah organic terfermentasi. Metode penelitian eksperimental dengan RAL, parameter yang diamati adalah pertumbuhan, berat biomas dan kelulushidupan. Analisis data dilakukan secara statistik dan hewan uji yang digunakan adalah larva ikan koki (C. auratus) dengan berat ±0,2 g/ind. Perlakuan yang digunakan 4 dengan 3 ulangan yaitu ikan koki pemberian pakan Daphnia sp. hasil kultur massal A (100g/L roti afkir; 100 g/L ampas tahu); B (50 g/L kotoran burung puyuh; 100g/L roti afkir; 50 g/L ampas tahu); C (50 g/L kotoran kambing; 100g/L roti afkir; 50 g/L ampas tahu) dan D (50 g/L kotoran ayam; 100g/L roti afkir 50g/L ampas tahu). Pemberian Daphnia sp. sebagai pakan sebanyak 4 kali sehari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan mas dengan pemberian pakan Daphnia sp. hasil kultur massal menggunakan fermentasi limbah organic berpengaruh nyata (P<0,05) pada RGR, biomass dan kelulushidupan larva ikan koki (C. auratus).RGR kelulushidupan dan biomass tertinggi larva ikan koki (C. auratus) yaitu 42.06%: 98% dan 0.12g pada perlakuan ikan mas dengan pemberian pakan Daphnia sp. hasil kultur massal dengan menggunakan 50 g/L kotoran ayam; 100g/L roti afkir; 50 g/L ampas tahu. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka perlakuan pemberian pakan larva ikan koki dengan pemberian pakan Daphnia sp. hasil kultur massal menggunakan fermentasi 50 g/L kotoran ayam; 100g/L roti afkir; 50 g/L ampas tahu terbaik.

Item Type:Book Section
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:54827
Deposited By:Faik Kurohman
Deposited On:14 Jul 2017 19:25
Last Modified:22 Jul 2017 12:29

Repository Staff Only: item control page