PENGARUH SUPLEMENTASI Lactobacillus sp. PADA PAKAN BUATAN TERHADAP AKTIVITAS ENZIM PENCERNAAN LARVA IKAN BANDENG (Chanos chanos Forskal)

Haryati, Haryati and Mirna, Mirna and Saade, Edison (2017) PENGARUH SUPLEMENTASI Lactobacillus sp. PADA PAKAN BUATAN TERHADAP AKTIVITAS ENZIM PENCERNAAN LARVA IKAN BANDENG (Chanos chanos Forskal). In: Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan ke-VI. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, pp. 611-620. ISBN 2339-0883

[img]
Preview
PDF - Published Version
4Mb

Abstract

Kemampuan larva ikan untuk mencerna pakan buatan bergantung kepada ketersediaan enzim pencernaan. Untuk meningkatkan kemampuan larva memanfaatkan pakan buatan dapat dilakukan dengan penambahan bakteri probiotik ke dalam pakan, Lactobacillus sp. adalah merupakan salah satu bakteri probiotik.Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan umur yang tepat penggunaan pakan buatan yang di predigest dengan menggunakan Lactobacillus sp. dalam pemeliharaan larva bandeng (Chanos chanos Forskal) ditinjau dari aktivitas enzim pencernaan.Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan, dan tiga kali ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah: pemberian pakan predigest pada larva mulai umur (A) 6 hari, (B) 9 hari, (C) 12 hari serta (D) diberi pakan buatan tanpa predigest mulai larva umur 12 hari. Aktivitas enzim yang dianalisis yaitu tripsin, lipase dan α amilase. Pengukuran aktivitas enzim dilakukan pada saat larva umur 6, 9 dan 12 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas ketiga enzim tersebut pada larva yang diberi pakan buatan predigest mulai umur 6 dan 9 hari lebih rendah dan berbeda nyata dibandingkan dengan perlakuan lainnya. Pada saat larva umur 12 hari, pemberian pakan buatan predigest memberikan respons yang sama terhadap aktivitas ketiga enzim tersebut namun lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan pada larva yang diberi pakan tanpa predigest mulai umur 12 hari (p<0.05). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dalam pemeliharaan larva ikan bandeng (Chanos chanos Forskal) penggunaan pakan buatan predigest menggunakan Lactobacillus sp. dapat dilakukan mulai umur 12 hari.

Item Type:Book Section
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:54822
Deposited By:Faik Kurohman
Deposited On:14 Jul 2017 18:36
Last Modified:14 Jul 2017 18:36

Repository Staff Only: item control page