SUBTITUSI SILASE TEPUNG BULU AYAM DALAM PAKAN BUATAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN RELATIF, PEMANFAATAN PAKAN DAN KELULUSHIDUPAN BENIH IKAN NILA LARASATI (Oreochromis niloticus)

Rachmawati, Diana and Samidjan, Istiyanto (2017) SUBTITUSI SILASE TEPUNG BULU AYAM DALAM PAKAN BUATAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN RELATIF, PEMANFAATAN PAKAN DAN KELULUSHIDUPAN BENIH IKAN NILA LARASATI (Oreochromis niloticus). In: Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan ke-VI. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, pp. 372-383. ISBN 2339-0883

[img]
Preview
PDF - Published Version
776Kb

Abstract

Tepung bulu ayam adalah salah satu solusi untuk pengganti tepung ikan karena memiliki protein yang tinggi, namun tepung bulu ayam memiliki keratin yang sulit di cerna oleh ikan sehingga dalam pengaplikasiannya tepung bulu ayam harus di fermentasi menggunakan mikroba keratinoplilic agar menghasilkan enzim keratinase sehingga tepung bulu ayam dapat lebih dicerna oleh ikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh subtitusi tepung ikan dengan silase tepung bulu ayam pada pakan buatan terhadap laju pertumbuhan relatif, pemanfaatan pakan dan kelulushidupan ikan nila larasati (Oreochromis niloticus). Ikan uji yang digunakan adalah benih ikan nila larasati dengan bobot rata-rata 2,52±0,25g/ekor dan padat tebar 25ekor/m3. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental, Rancangan Acak Lengkap 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah subtitusi tepung ikan dengan tepung bulu ayam, yaitu : A (0% tepung bulu ayam), B (25% tepung bulu ayam), C (50% tepung bulu ayam) dan D (75% tepung bulu ayam), dan E (100% tepung bulu ayam). Data yang diamati meliputi bobot mutlak, laju pertumbuhan relatif (RGR), efisiensi pemanfaatan pakan (EPP) dan Kelulushidupan (SR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa silase tepung bulu ayam dalam pakan buatan memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap RGR, EPP dan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kelulushidupan. Dosis terbaik substitusi tepung bulu ayam sebesar 25% mampu menghasilkan RGR dan EPP tertinggi.Kualitas air pada media pemeliharaan berada pada kisaran yang sesuai untuk budidaya ikan nila larasati (Oreochromis niloticus).

Item Type:Book Section
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:54801
Deposited By:Faik Kurohman
Deposited On:14 Jul 2017 16:06
Last Modified:22 Jul 2017 11:22

Repository Staff Only: item control page