EFEK ENZIM FITASE PADA PAKAN BUATAN TERHADAP EFISIENSI PEMANFAATAN PAKAN, LAJU PERTUMBUHAN RELATIF DAN KELULUSHIDUPAN IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO)

Rachmawati, Diana and Samidjan, Istiyanto (2017) EFEK ENZIM FITASE PADA PAKAN BUATAN TERHADAP EFISIENSI PEMANFAATAN PAKAN, LAJU PERTUMBUHAN RELATIF DAN KELULUSHIDUPAN IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO). In: Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan ke-VI. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, pp. 358-371. ISBN 2339-0883

[img]
Preview
PDF - Published Version
797Kb

Abstract

Pakan buatan dalam budidaya ikan mas (C. carpio) merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan produksi. Penggunaan bahan nabati pada pakan seperti tepung kedelai memiliki kekurangan karena adanya kandungan zat anti-nutrisi berupa asam fitat. Oleh karena itu diperlukan penambahan enzim eksogenus, salah satunya adalah enzim fitase yang dapat menghidrolisis asam fitat menjadi inositol dan asam fosfat, sehingga penyerapan nutrisi, efisiensi pemanfaatan pakan dan kecernaan menjadi maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan enzim fitase dalam pakan buatan terhadap efisiensi pemanfaatan pakan, laju pertumbuhan relatif dan kelulushidupan ikan mas (C. carpio). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap,u 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penambahan enzim fitase dalam pakan buatan dengan dosis berbeda yaitu A (0 mg/kg pakan), B (500 mg/kg pakan), C (1.000 mg/kg pakan) dan D (1.500 mg/kg pakan). Ikan uji yang digunakan adalah ikan mas (C. carpio) dengan bobot rata-rata 3,34 ± 0,16 g/ekor dengan padat tebar 4 ekor/m2 yang dipelihara dalam happa ukuran 1 m x 1 m x 0,6 m selama 42 hari. Pemberian pakan dilakukan 3 kali sehari pada pukul 08.00, 12.00 dan 16.00 secara at satiation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan enzim fitase dalam pakan buatan memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap RGR, PER, EPP dan FCR namun tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap SR. Dosis terbaik enzim fitase pakan buatan yang mampu menghasilkan EPP dan RGR tertinggi adalah 1000 mg/kg pakan.

Item Type:Book Section
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:54800
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jul 2017 16:01
Last Modified:22 Jul 2017 11:21

Repository Staff Only: item control page