PENGARUH LAMA PERENDAMAN KERANG HIJAU (Perna viridis) DALAM LARUTAN NANAS (Ananas comosus) TERHADAP PENURUNAN KADAR LOGAM TIMBAL (Pb)

Yusuf, Muhanifa Annisa and Riyadi, Putut Har and Wijayanti, Ima (2017) PENGARUH LAMA PERENDAMAN KERANG HIJAU (Perna viridis) DALAM LARUTAN NANAS (Ananas comosus) TERHADAP PENURUNAN KADAR LOGAM TIMBAL (Pb). In: Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan ke-VI. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, pp. 312-327. ISBN 2339-0883

[img]
Preview
PDF - Published Version
823Kb

Abstract

Salah satu jenis kerang yang dikonsumsi adalah kerang hijau. Kerang hijau sama seperti jenis kerang lainnya yaitu umumnya berhabitat di substrat pasir atau lumpuran dalam perairan dan besifat mengakumulasi benda asing seperti logam berat. Oleh sebab itu, kerang hijau diduga mengandung logam berat. Timbal adalah jenis logam berat yang bersifat toksik (beracun) apabila masuk ke dalam tubuh. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama perendaman Kerang Hijau (Perna viridis) dalam larutan nanas (Ananas comosus) terhadap Penurunan Kadar Logam Timbal menggunakan perbandingan 1:2 dengan waktu perendaman 5, 10 dan 15 menit serta mengetahui pengaruh lama perendaman dalam larutan nanas terhadap daya terima konsumen terhadap kerang hijau. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kerang hijau dan nanas. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Rancangan Acak Lengkap dengan perlakuan lama perendaman 5, 10 dan 15 menit, dan masing-masing dilakukan 3 kali pengulangan. Parameter yang diamati adalah uji kadar timbal, kadar protein, kadar air, kadar abu, pH dan nilai organoleptik. Data parametrik dianalisa menggunakan uji ANOVA, sedangkan non parametrik menggunakan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan waktu lama perendaman yang berbeda memberi pengaruh nyata (P<0,05) pada kerang hijau terhadap kadar timbal, protein, kadar abu, pH dan nilai organoleptik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan kadar timbal pada kerang hijau mengalami penurunan masing-masing waktu perendaman 5, 10, dan 15 menit menujukkan penurunan presentase 34,57%; 44,47%; 66,76%. Hasil organoleptik memberi pengaruh nyata (P<0,05) terhadap rasa dan tekstur. Nilai rata-rata organoleptik yaitu 7,76; 7,71 dan 6,81.

Item Type:Book Section
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:54796
Deposited By:Faik Kurohman
Deposited On:14 Jul 2017 15:38
Last Modified:22 Jul 2017 11:16

Repository Staff Only: item control page