Serapan Nitrogen dan Fosfor Tanaman Lemna minor sebagai Sumber Daya Pakan pada “Perairan” yang Mendapatkan Kotoran Itik (Nitrogen and Phosphor Uptake of Lemna minor as Forage Resources in the Water by Addition of Duck Manure

KUNCORO, Rizki Wahyu and ANWAR, Syaiful and PURBAJANTI, Endang Dwi (2012) Serapan Nitrogen dan Fosfor Tanaman Lemna minor sebagai Sumber Daya Pakan pada “Perairan” yang Mendapatkan Kotoran Itik (Nitrogen and Phosphor Uptake of Lemna minor as Forage Resources in the Water by Addition of Duck Manure. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
139Kb
[img]
Preview
PDF
12Kb
[img]
Preview
PDF
168Kb
[img]
Preview
PDF
75Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

82Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

446Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

791Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penambahan kotoran itik dengan dosis yang berbeda terhadap serapan nitrogen dan serapan fosfor tanaman Lemna minor. Penelitian dilaksanakan pada pada tanggal 26 September 2011 sampai dengan 18 Desember 2011 di Rumah Kaca Laboratorium Ilmu Tanaman Makanan Ternak, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tanaman Lemna minor, kotoran itik dan air. Alat-alat yang digunakan di dalam penelitian ini adalah 20 ember besar yang memiliki diameter 40 cm dan tinggi 38 cm. Peralatan lainnya yaitu timbangan elektrik untuk menimbang kotoran itik dan Lemna minor, cangkul untuk mengambil kotoran itik, ember kecil dan selang untuk mengambil air dan alat tulis untuk mencatat hasil penelitian. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diterapkan meliputi P1 = kontrol, tanpa kotoran itik; P2 = penambahan 5 g/l kotoran itik; P3 = penambahan 10 g/l kotoran itik; P4 = penambahan 15 g/l kotoran itik; P5 = penambahan 20 g/l kotoran itik. Parameter yang diamati adalah serapan nitrogen dan serapan fosfor. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji F berdasarkan prosedur sidik ragam dan apa bila terdapat pengaruh perlakuan yang nyata (p<0,05) dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada taraf 5% dan uji Polinomial Ortogonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan kotoran itik mampu meningkatkan serapan nitrogen dan serapan fosfor secara nyata (p<0,05). Serapan nitrogen tertinggi dicapai pada penambahan kotoran itik sebanyak 19,625 g/l sedangkan serapan fosfor pada 13,12 g/l. Efisiensi pemanfaatan nitrogen tertinggi dicapai pada penambahan kotoran itik 20 g/l sebesar 2,4380% sedangkan efisiensi pemanfaatan fosfor pada 15 g/l sebesar 8,6232%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:54717
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jul 2017 15:36
Last Modified:12 Jul 2017 15:36

Repository Staff Only: item control page