Pengaruh Faktorfaktor Sosial terhadap Perilaku Beternak Itik di KTTI Kabupaten Brebes ( The Influence of Social Factors on the Behavior of the Members of Duck Farmer Group in Brebes Regency).

NUGROHO, Tomy Kristianto and EDDY, Bambang Trisetyo and SUMEKAR, Wulan (2011) Pengaruh Faktorfaktor Sosial terhadap Perilaku Beternak Itik di KTTI Kabupaten Brebes ( The Influence of Social Factors on the Behavior of the Members of Duck Farmer Group in Brebes Regency). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
115Kb
[img]
Preview
PDF
12Kb
[img]
Preview
PDF
109Kb
[img]
Preview
PDF
121Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

174Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

10Mb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

11Mb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh faktor-faktor sosial terhadap perilaku beternak di KTTI Kabupaten Brebes, 2) untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh faktor-faktor sosial terhadap perilaku beternak di KTTI Kabupaten Brebes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2010 - November 2010 di Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Penentuan sampel dilakukan dengan metode Proporsional Random Sampling. Jumlah keseluruhan sampel yang diambil sebanyak 43 responden yaitu 35% dari total populasi sebanyak 122 peternak. Metode pengumpulan data primer dilakukan dengan pengamatan langsung dan wawancara terhadap responden dengan panduan kuesioner. Data primer dan sekunder yang diperoleh ditabulasikan selanjutnya dianalisis secara Diskriptif Kuantitatif dan analisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, tidak terjadi autokorelasi, tidak terjadi heterokedastitas, tidak terjadi multikolinearitas. Kondisi perilaku peternak di KTTI Kabupaten Brebes tergolong cukup, yaitu 27 orang dari 43 responden atau sebesar 63%. Perilaku responden didasarkan atas pengetahuan, sikap dan keterampilan yang berbeda. Nilai pengaruh faktor-faktor sosial terhadap perilaku menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,787 nilai signifikansi uji F sebesar 0,000. Persamaan regresi linier berganda Y=72,982+3,336+0,923+3,354+8,530+1,402+-1,976+2,758. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh secara serempak faktor-faktor sosial tingkat umur, pendidikan, motivasi, lama beternak, status sosial, jumlah kepemilikan dan gaya hidup terhadap perilaku beternak itik di KTTI kabupaten Brebes. Kata kunci : faktor-faktor sosial, perilaku, peternak itik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:54706
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jul 2017 14:28
Last Modified:12 Jul 2017 14:28

Repository Staff Only: item control page