Pengaruh Penambahan Madu pada Telur Asin terhadap Rasa Asin, Bau Amis dan Tingkat Kesukaan (The Effect of Adding Honey in the Process of Making Salted Egg on Taste, Smell and Flavour)

Husodo, Handoyo and HINTONO, Antonius and RIZQIATI, Heni (2011) Pengaruh Penambahan Madu pada Telur Asin terhadap Rasa Asin, Bau Amis dan Tingkat Kesukaan (The Effect of Adding Honey in the Process of Making Salted Egg on Taste, Smell and Flavour). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
80Kb
[img]
Preview
PDF
54Kb
[img]
Preview
PDF
68Kb
[img]
Preview
PDF
73Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

60Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

298Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

489Kb

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2011 di Laboratorim Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan madu pada telur asin terhadap rasa asin, bau amis dan tingkat kesukaan. Materi dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah telur bebek, madu, semen putih, aquadest, media pengasinan (batu bata, abu dan garam). Peralatan yang digunakan dalam pembuatan telur asin madu antara lain rak telur, ember, baskom, kompor gas, panci, jarum suntik, kertas label dan piring kertas. Penelitian yang dilakukan menggunakan 4 perlakuan yaitu T0= Tanpa penambahan madu, T1= Penambahan madu 2 ml, T2= Penambahan madu 3 ml, T3= Penambahan madu 4 ml. Data yang diperoleh diolah menggunakan sidik ragam. Apabila terdapat pengaruh perlakuan yang nyata dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Jujur. Pengujian parameter dilakukan secara organoleptik dengan menggunakan 25 panelis agak terlatih. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rasa asin adalah T0= 2,48 (Agak Asin – Asin), T1= 2,24 (Agak Asin – Asin), T2= 2,44 (Agak Asin – Asin), T3= 2,32 (Agak Asin – Asin), untuk bau amis adalah T0= 2,0 (Agak Amis – Amis), T1= 2,6 (Agak Amis – Amis), T2= 2,2 (Agak Amis – Amis), T3= 2,6 (Agak Amis – Amis), dan skor tingkat kesukaan adalah T0= 1,6 (Tidak suka), T1= 2,0 (Agak Suka), T2= 2,6 (Suka), T3= 2,6 (Suka). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penambahan madu pada telur asin dengan jumlah yang berbeda dengan cara penyuntikan tidak mempengaruhi rasa asin dan bau amis, tetapi penambahan madu sebanyak 3 ml atau lebih dapat meningkatkan kesukaan akan telur asin tersebut. Kata Kunci : madu, telur asin, rasa asin, bau amis dan kesukaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:54697
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jul 2017 13:52
Last Modified:12 Jul 2017 13:52

Repository Staff Only: item control page