Perhitungan Daya Dukung Pondasi Overpass Pada Jalan Bebas Hambatan Semarang-Batang Di Kawasan Industri Candi, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah

Maulana, Dhiete and Rachwibowo, Prakosa and Trisnawati, Devina (2017) Perhitungan Daya Dukung Pondasi Overpass Pada Jalan Bebas Hambatan Semarang-Batang Di Kawasan Industri Candi, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Faculty of Engineering.

[img]
Preview
PDF (Dhiete Maulana_21100112130067_JUDUL)
483Kb
[img]PDF (Dhiete Maulana_21100112130067_BAB I)
Restricted to Repository staff only

120Kb
[img]PDF (Dhiete Maulana_21100112130067_BAB II)
Restricted to Repository staff only

700Kb
[img]PDF (Dhiete Maulana_21100112130067_BAB III)
Restricted to Repository staff only

140Kb
[img]PDF (Dhiete Maulana_21100112130067_BAB IV)
Restricted to Repository staff only

1295Kb
[img]PDF (Dhiete Maulana_21100112130067_BAB V)
Restricted to Repository staff only

7Kb
[img]PDF (Dhiete Maulana_21100112130067_DAFTARPUSTAKA)
Restricted to Repository staff only

290Kb
[img]PDF (Dhiete Maulana_21100112130067_LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

1035Kb

Abstract

Jalan bebas hambatan Semarang-Batang, adalah jalan bebas hambatan yang terbentang sepanjang 75 km yang menghubungkan daerah Batang dengan Semarang, Jawa Tengah. Jalan ini menjadi jalur alternatif menuju Semarang melalui wilayah Batang. Jalan ini merupakan upaya untuk menanggulangi kemacetan lalulintas yang sering terjadi di jalan pantura Batang–Semarang, salah satu penyebabnya adalah kondisi jalan yang kurang baik dan padatnya kendaraan yang melintas. Untuk menunjang pembangunan jalan bebas hambatan tersebut perlu dibangun overpass. Dalam perencanaan pembangunan overpass tersebut perlu dilakukan analisis pondasi berdasarkan pemetaan geoteknik dan penyelidikan geoteknik salah satunya pengeboran inti untuk mengetahui persebaran batuan, sifat fisik dan keteknikan batuan sertta kapasitas daya dukung yang diijinkan. Kapasitas daya dukung maksimum yang diijinkan ditentukan berdasarkan analisis data dengan menggunakan nilai Standard Penetration Test (SPT). Simulasi kapasitas daya dukung maksimum yang diijinkan dilakukan dengan menggunakan diameter tiang 0,6 meter dan dengan menggunakan nilai faktor keamanan 3. Berdasarkan pemetaan geoteknik pada lokasi penelitian, terdapat dua satuan yaitu batupasir tuffan dengan tingkat pelapukan sedikit dan konglomerat dengan tingkat pelapukan lapuk sedikit-sedang. Berdasarkan hasil perhitungan daya dukung menunjukkan pada titik BHV-33 memiliki kapasitas daya dukung terendah sebesar 255.139 ton dengan daya dukung tiang yang diijinkan sebesar 85.046 ton dan tertinggi 1020.56 ton dengan daya dukung tiang yang diijinkan sebesar 340.185 ton sedangkan pada titik BHV-34 memiliki kapasitas daya dukung terendah sebesar 493.269 ton dengan daya dukung tiang yang diijinkan sebesar 164.42295 ton dan terbesar 1020.56 ton dengan daya dukung tiang yang diijinkan sebesar 340.185 ton. Kata kunci: Pondasi, Standard Penetration Test, Pemetaan, Daya Dukung

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QE Geology
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering
ID Code:54655
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jul 2017 14:42
Last Modified:10 Jul 2017 14:42

Repository Staff Only: item control page