PENERAPAN PRINSIP KERJASAMA DAN PEMENUHAN PRINSIP KESANTUNANDALAM TINDAK TUTUR GURU-GURU TAMAN KANAK-KANAK

Surono, Surono (2014) PENERAPAN PRINSIP KERJASAMA DAN PEMENUHAN PRINSIP KESANTUNANDALAM TINDAK TUTUR GURU-GURU TAMAN KANAK-KANAK. In: " International Seminar Language Maintenance and Shiff " IV. ISSN; 2088-6799, 18 November 2014, Hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
9Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Kajian pragmatik yang melibatkan konteks semakin mendapat perhatian dari parapeneliti dan penggiat bahasa. Salah satu kajian pragmatik yang penting adalah tindaktutur termasuk yang dilakukan guru taman kanak-kanak (TK). Apabila diamati secaraluas, banyak jenis tindak tutur dilakukan oleh guru TK dan yang lebih menonjol adalahtindak tutur direktif (TTD) dan tindak tutur ekspresif (TTE). Namun, kajian ini difokuskan pada TTD yang digunakan guru-guru TK sebagai masyarakat tutur tersendiri. Kajian TTD bisa diawali dari kajian tentang penerapan prinsip kerjasama (PK) dariGrice (1975: 45–46 dalam Leech, 1983: 79 – 101) beserta pelanggarannya sampaikajian tentang prinsip kesantunan (PKs) dari Brown dan Levinson (1987) yang biasanyamenunjukkan alasan terjadiya pelanggaran PK. Hal inilah yang menjadi objek kajiandalam makalah ini. Data kajian ini berupa tuturan beserta konteksnya yang diproduksioleh guru-guru TK di Tlogo Prambanan sebagai subjek (kasus) kajian. Data tersebutdikumpulkan dengan metode observasi partisipan pasif disertai dengan teknik rekam danteknik catat. Lalu, data dianalisis dengan metode padan ekstralingual. Hasil analisismenunjukkan bahwa ditemukan lima jenis direktif dengan subtindak tutur direktifmenyuruh, memohon, melarang, menyapa, dan bernyanyi. Guru-guru TK mematuhi dansekaligus melanggar PK dari Grice. Pelanggaran tersebut dilakukan untuk memenuhiPKs. Guru-guru TK terutama melaksanakan dua PKs dari Grice (prinsip keempat dan kelima) dan dua PKs negatif dari Brown dan Levinson, yaitu strategi 1 dan strategi 5.Sub-TTD dan pemenuhan PKs akan semakin variatif apabila lokasi penelitian diperluasdan jumlah sekolah ditambah.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:tindak tutur, direktif, prinsip kerjasama, prinsip kesantunan
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54631
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Jul 2017 10:35
Last Modified:07 Jul 2017 10:35

Repository Staff Only: item control page