KORESPONDENSI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN CAREGIVER TERHADAP KOMPETENSI LINGUISTIK DAN KOMUNIKASI ANAK (Studi Kasus pada AP)

Prihantoro, Prihantoro (2014) KORESPONDENSI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN CAREGIVER TERHADAP KOMPETENSI LINGUISTIK DAN KOMUNIKASI ANAK (Studi Kasus pada AP). In: International Seminar “Language Maintenance and Shift” IV ISSN; 2088-6799, 18 November 2014, hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
9Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mendokumentasikan language performance dari seorang anak perempuan berumur 4 tahun yang mengalami perubahan pola interaksi dengan lingkunganya secara drastis. Ia pindah dari lingkungan tertutup dengan caregiver yang terbatas, menuju lingkungan yang sangat terbuka dan tingkat interaksi sangat tinggi, baik dari caregiver maupun rekan sebaya. Beberapa hasilnya adalah sebagai berikut: 1) terjadi perubahan pola bilingualisme dimana penguasaan satu bahasa (dan dialek) mengalami degenerasi dan bahasa (dan dialek) lainnya meningkat, 2) meskipun secara umum linguistic competence meningkat tajam, namun kelancaran dan akurasi tidak berbanding lurus, 3) communicative competence mulai dikuasai ditunjukan dengan kemampuan menggunakan beberapa pronomina dan kata sapaan sesuai dengan partisipan, lalu penguasaan pragmatik secara reseptif, 4) argumentasi verbal masih dibangun dengan struktur informasi yang terbatas sehingga tidak selalu berterima dengan konvensi sosial, 5) Input paling banyak berupa repair dari error yang diproduksi. Makalah ini menunjukan peran krusial lingkungan sosial, terutama para caregiver yang sangat berperan dalam membangun linguistic dan communicative competence serta struktur informasi.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54613
Deposited By:S.E. Wahyu Setiabudi
Deposited On:06 Jul 2017 16:07
Last Modified:06 Jul 2017 16:07

Repository Staff Only: item control page