ANALISIS WACANA PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM ACARA DISKUSI INDONESIA LAWAK KLUB (ILK) EPISODE 4 JUNI 2014 DI STASIUN TELEVISI TRANS7

Lekso, Nuken Tadzkiroh (2014) ANALISIS WACANA PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM ACARA DISKUSI INDONESIA LAWAK KLUB (ILK) EPISODE 4 JUNI 2014 DI STASIUN TELEVISI TRANS7. In: International Seminar “Language Maintenance and Shift” IV ISSN; 2088-6799, 18 November 2014, hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
9Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Indonesia Lawak Klub (ILK) adalah salah satu program acara hiburan di stasiuntelevisi Trans7 yang merupakan bentuk wacana lisan atau verbal. Acara ILK dianalisisdari segi dialog atau percakapan dari para peserta diskusinya. Acara ILK ini cukupbanyak ditemukan bentuk pelanggaran prinsip kerja sama yang dilatarbelakangi olehtujuan atau fungsi sebagai hiburan atau memberikan efek humor. Tujuan dari penelitian ini untuk menunjukkan dan menjelaskan bentuk pelanggaran maksimnya serta fungsidari tuturannya. Perolehan sampel data menggunakan metode simak yang didalamnyaterdapat teknik sadap. Proses analisisnya dengan teknik cata dan teknik analisis data.Dari hasil analisis ditemukan tiga bentuk pelanggaran yakni maksim kuantitas, maksimrelevansi, dan maksim cara. Pelanggaran maksim kuantitas ditemukan terdapat tiga (3)data, maksim relevansi enam (6) data, dan maksim cara tiga (3) data.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:Wacana, Indonesia Lawak Klub (ILK), Pelanggaran prinsip kerja sama, dan fungsi atau tujuan tuturan.
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54606
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Jul 2017 15:22
Last Modified:15 Feb 2018 11:31

Repository Staff Only: item control page